0743023054, SITI ZULAIHAH (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI POKOK ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI DAN INFERENSI. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. cover.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Menyetujui.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Mengesahkan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. SANWACANA.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI new (Autosaved).pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL new.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V siti.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1 siti.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAPUS.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV fix.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (261Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran penemuan terbimbing dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi dan inferensi pada materi pokok asam basa. Model pembelajaran penemuan terbimbing yang digunakan terdiri dari 3 fase, yaitu fase eksplorasi, penemuan konsep dan aplikasi konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2011/2012 sejumlah 148 siswa yang terbagi ke dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Diperoleh sampel kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran penemuan terbimbing diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan klasifikasi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,22 dan 0,34; dan rerata n-Gain keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,28 dan 0,40. Berdasarkan uji hipotesis, menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing memiliki keterampilan klasifikasi dan inferensi lebih tinggi dari pada kelas dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penemuan terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi dan inferensi siswa kelas XI IPA SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:01 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15254 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |