EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN

0853023017, FENTI DWI CHOIRIAWATI (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
abstrak.pdf

Download (410Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 1.pdf

Download (2727Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 2.pdf

Download (3801Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 3.pdf

Download (2867Kb) | Preview
[img] FIle PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (7Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
cover.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
cover2.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar gambar.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar isi.pdf

Download (492Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar pustaka.pdf

Download (568Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
daftar tabel.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
FENTI DWI CHOIRIAWATI.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
kesimpulan.pdf

Download (341Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
motto.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pengesahan.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pernyataan.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
persembahan.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
riwayat hidup.pdf

Download (250Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
sanwacana.pdf

Download (705Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran problem solving pada materi asam - basa dalam meningkatkan keterampilan mengelom- pokkan dan mengkomunikasikan serta mendeskripsikan pembelajaran problem solving pada materi asam - basa yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan. Model pembelajaran problem solving terdiri dari lima tahap yaitu tahap satu yaitu mengorientasikan siswa pada masalah, tahap dua mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah, tahap tiga menetapkan jawaban sementara dari masalah, tahap empat menguji kebenaran jawaban sementara, dan tahap lima menarik kesimpulan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Terbanggi Besar kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 semester Genap Tahun Pelajaran 2011-2012 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan gain yang 3 signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan masing-masing 0,71 dan 0,41. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa pembelajaran problem solving pada materi asam-basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 02:00
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 02:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15274

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir