PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA SWADHIPA I NATAR

0743022060, YULI FATMASARI (2012) PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA SWADHIPA I NATAR. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER Dalam.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR TABELl.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (139Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa sangat mendukung kegiatan proses belajar mengajar agar hasil belajar siswa tercapai secara optimal. Dalam pembelajaran Kemampuan berpikir kritis memberikan arahan yang tepat dalam berpikir dan membantu siswa dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan yang lainnya secara lebih akurat. Tercapainya hasil belajar yang optimal juga didukung oleh penggunaan metode. Metode demonstrasi merupakan salah satu alternatif yang digunakan pada kegiatan pembelajaran keterampilan berpikir kritis siswa, dimana metode ini mengajarkan siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis dan kreatif, serta dapat mengadaptasi situasi pembelajaran yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa melalui metode demonstrasi terhadap hasil belajar. Hasil belajar siswa pada penelitian ini yaitu pada aspek kognitif dan aspek afektif. Penelitian ini dilakukan di SMA SWADHIPA 1 Natar Lampung Selatan, menggunakan satu kelas eksperimen (kelas XI IPA 2 i Yuli Fatmasari ) dengan jumlah sampel 32 siswa. Pada proses pembelajaran menggunakan metode demonstrasi. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai hasil tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 17.0, yaitu dengan uji dengan uji linearitas, dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa melalui metode demonstrasi terhadap hasil belajar fisika pada aspek kognitif dan aspek afektif, yang ditunjukkan oleh nilai sig pada hasil belajar aspek kognitif yaitu sebesar 44,13, dengan koefisien korelasi sebesar 0,698 dan dengan persamaan regresi Y = 44,13 + 3,04 X. Sedangkan hasil belajar pada aspek afektif yaitu sebesar 7,97 dengan koefisien korelasi sebesar 0,464 dan dengan persamaan regresi Y = 7,97 + 0,94 X.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 01:58
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 01:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15287

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir