0853022013, EKA PRASTIA (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL FISIKA BERBASIS CETAKAN (MFBC) PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. KOVER LUAR.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Menyetujui.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Mengesahkan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Surat Pernyataan.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Motto.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Persembahan.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. SANWACANA.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Daftar Isi.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. BAB I.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. BAB II.pdf Download (151Kb) | Preview |
|
|
File PDF
15. BAB III.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
File PDF
16.BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (99Kb) |
||
|
File PDF
17. BAB V.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Modul adalah suatu bentuk bahan ajar yang disajikan secara sistematis dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh siswa sesuai dengan tingkat kemampuan dan pengetahuan, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri baik dengan bantuan guru ataupun mandiri. Namun keberadaan modul di SMPN 20 Bandar Lampung yang sesuai dengan KTSP 2006 belum ada. Oleh karena itu perlu dikembangkan modul yang dapat meningkatkan siswa dalam belajar secara mandiri. Desain pengembangan Media Pembelajaran Modul Fisika Berbasis Cetakan (MFBC) yang digunakan yaitu diadaptasi dari proses pengembangan media instruksional oleh Sadiman (2008) sebagai acuan, yaitu analisis kebutuhan program pengembangan, desain pengembangan, pengembangan produk, evaluasi produk, uji coba dan pencetakan produk. Evaluasi produk terdiri dari evaluasi formatif I, evaluasi formatif II, evaluasi formatif III. Evaluasi pertama yang dilakukan dalam pengembangan ini yaitu uji ahli materi. Pada uji ahli materi skor hasil uji ahli materi yang diperoleh sebesar 2,8 skor tersebut dikategorikan baik. Eka Prastia Eka Prastia Evaluasi kedua dilakukan uji ahli desain, dengan skor hasil uji sebesar 2,91. Skor tersebut dikategorikan baik dan sesuai dengan standar BSNP. Evaluasi ketiga dilakukan uji satu lawan satu. Uji ini dilakukan pada 3 siswa dari kelas yang berbeda yaitu VII D , VII E dan VII G . Skor hasil rata-rata uji satu lawan satu diperoleh sebesar 3,63. Hasil tersebut dikategorikan sangat baik. Uji yang terakhir yaitu uji coba untuk mengetahui keefektivitasan dan kemenarikan modul yang dilakukan terhadap 36 siswa kelas VII E Bandar Lampung sebagai pengguna modul. Berdasarkan hasil uji keefektifan diperoleh hasil besar 77,7% siswa tuntas dan memperoleh nilai di atas KKM. Dengan nilai rata-rata hasil belajar 74,07. Sementara untuk uji kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan telah dilakukan dengan memberikan angket kepada siswa yang telah mengalami pembelajaran dengan menggunakan Modul hasil pengembangan, dan berdasarkan analisis angket hasil pengembangan dikategorikan sangat menarik, sangat mudah dan sangat bermanfaat.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 01:59 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 01:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15294 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |