PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA SISWA MENGGUNAKAN PRAKTIKUM HAND ON DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SISWA KELAS X SMAN 1 SEPUTIH AGUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0853022039, Noviana Siti Nurhayati (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA SISWA MENGGUNAKAN PRAKTIKUM HAND ON DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SISWA KELAS X SMAN 1 SEPUTIH AGUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. KOVER LUAR.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Mengesahkan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Riwayat hidup.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. persembahan.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Motto.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. SANWACANA.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I. PENDAHULUAN.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II. KERANGKA TEORITIS 2 kelas.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III. METODE PENELITIAN 2 kelas.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV. PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (100Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V. KESIMPULAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Fisika adalah suatu pelajaran yang berkaitan dengan ilmu alam dan merupakan ilmu pengetahuan yang dapat menunjang berkembangnya teknologi. Pembelajaran fisika hendaknya dilakukan secara aktif dan luwes oleh siswa karena fisika menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami suatu konsep. Kegiatan praktikum diharapkan dapat digunakan untuk pembuktian konsep- konsep fisika yang sudah ada. Dalam pengaplikasiannya praktikum dapat memberikan kesempatan kepada siswa secara langsung untuk memahami materi dari percobaan yang dilakukan. Karena dalam hal ini siswa terjun langsung dalam praktikum, sehingga keterampilan yang dimiliki oleh siswa lebih baik dan lebih meningkat dibandingkan tanpa melakukan praktikum. Sedangkan video pembelajaran adalah media atau alat bantu yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep dan teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melihat perbandingan rata-rata hasil belajar siswa yang praktikum hand on dengan yang menggunakan video Noviana Siti Nurhayati pembelajaran. Pada kedua kelas sampel diberikan dua perlakuan, yaitu praktikum hand on dan video pembelajaran pada masing-masing topik yang telah ditentukan. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, perhitungan dilakukan menggunakan program SPSS 16,0. Pada uji independent sample t-test dihasilkan nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,010. Karena nilai signifikansinya lebih kecil 0 ditolak sedangkan H a diterima. Sehingga hasil penelitian yang telah dilakukan adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang praktikum hand on dengan video pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Dec 2015 01:59
Terakhir diubah: 07 Dec 2015 01:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15298

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir