ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI UNTUK HEDGING DALAM TRANSAKSI VALUTA ASING DALAM KAITANNYA DENGAN PENERAPAN PSAK No. 55 (Studi kasus pada PT. Unilever Tbk)

0411031111, Sari Indah Oktanti Sembiring ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI UNTUK HEDGING DALAM TRANSAKSI VALUTA ASING DALAM KAITANNYA DENGAN PENERAPAN PSAK No. 55 (Studi kasus pada PT. Unilever Tbk). Digital Library.

[img]
Preview
Text
0411031111-abstract.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0411031111-abstrak.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah perlakuan akuntansi untuk hedging atau akuntansi lindung nilai, sudah diterapkan dengan baik dan benar atau belum oleh PT. Unilever tbk. Penelitian ini bersifat kualitatif, karena peneliti hanya ingin melihat apakah perlakuan akuntansi untuk hedging sudah diterapkan dengan baik dan benar atau belum. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana, karena peneliti hanya ingin melihat sudah diterapkan atau belum perlakuan akuntansi lindung nilai, tanpa membandingkan atau untuk mengetahui frekuensi penerapan yang satu dengan yang lainnya. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa perlakuan akuntansi untuk akuntansi lindung nilai dalam valuta asing sudah diterapkan dengan baik dan benar oleh PT. Unilever sesuai dengan PSAK No. 55. Hal ini tampak pada laporan keuangan yang telah diaudit, bahwa PT. Unilever mencatat transaksi yang dilakukan dalam valuta asing pada catatan atas laporan keuangan perusahaan, dan pada akhir periode, PT. Unilever melakukan perhitungan selisih rugi/laba perusahaan atas transaksi dalam valuta asing yang dilakukan selama periode laporan keuangan berjalan. Namun selisih rugi/laba yang timbul dari aktivitas lindung nilai yang dilakukan perusahaan tidak akan mempengaruhi laporan keuangan yang telah berjalan. Karena hal ini hanya akan menjadi estimasi rugi/laba yang dapat diperoleh perusahaan karena terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Oleh karena itu, aktivitas lindung nilai sangat dianjurkan agar dapat melindungi aset dan inventori perusahaan jika nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing melemah.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 08 Dec 2015 08:56
Last Modified: 08 Dec 2015 08:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15357

Actions (login required)

View Item View Item