ANALISIS PENGARUH KONFLIK INTRA PRIBADI TERHADAP KINERJA DOSEN WANITA UNIVERSITAS LAMPUNG (studi pada dosen wanita yang merangkap peran ibu rumah tangga)

0511011110, SITI WULANDARI ANALISIS PENGARUH KONFLIK INTRA PRIBADI TERHADAP KINERJA DOSEN WANITA UNIVERSITAS LAMPUNG (studi pada dosen wanita yang merangkap peran ibu rumah tangga). Digital Library.

[img]
Preview
Text
0511011110- abstract.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0511011110-abstrak.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0511011110-kesimpulan.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0511011110-pendahuluan.pdf

Download (125Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Obyek penelitian ini adalah dosen wanita Universitas Lampung yang berstatus menikah. Konflik intra pribadi menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Konflik berpengaruh terhadap kinerja karyawan, konflik dapat meningkatkan kinerja dan menurunkan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik intra pribadi terhadap kinerja dosen wanita. Penentuan unit sampel menggunakan non random sampling dengan tekhnik purposive sampling dan menggunakan metode judgement sampling. Sampel yaitu sebanyak 42 orang responden dosen wanita Universitas Lampung. Metode analisis kuantitatif dengan model regresi linier sederhana. Hipotesis Penelitian ini adalah konflik intra pribadi berpengaruh negatif terhadap kinerja dosen wanita Universitas Lampung. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengaruh konflik intra pribadi terhadap kinerja dosen wanita Universitas Lampung terlihat dari nilai koefesien variabel X pada persamaan regresi linier sederhana Y = 58.142 – 0,251X nilai koefisien sebesar 0,25 menunjukkan kenaikan konflik intra pribadi sebesar satu satuan akan menurunkan kinerja sebesar 0,25. Sedangkan nilai koefesien determinasi (r²) sebesar 0,310 atau 31 % menunjukkan kontribusi konflik intra pribadi terhadap kinerja sedangkan sisanya 69 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa indikator terbesar adanya konflik intra pribadi yang dialami oleh dosen wanita Universitas Lampung adalah pertentangan psikis yaitu akibat ketidakseimbangan dalam menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga dan peran sebagai dosen secara bersamaan. Dosen wanita Universitas Lampung sebaiknya dapat meminimalisir pertentangan psikis yang terjadi akibat ketidakseimbangan dalam menjalani peran ganda, diantaranya dapat dilakukan dengan meminimalisir keinginan untuk memenuhi tuntutan peran ganda yang dijalani secara ideal/sempurna. Kata kunci : konflik intra pribadi, peran ganda, kinerja dosen

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 08 Dec 2015 08:56
Last Modified: 08 Dec 2015 08:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15362

Actions (login required)

View Item View Item