PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA SMA KELAS X

0613023052, YUNI WULANDARI (2010) PENGEMBANGAN LKS DAN ANIMASI KIMIA BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA SMA KELAS X. Digital Library.

[img]
Preview
Text
01_COVER LUAR.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
02_ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
03_COVER DALAM.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
03_Lembar Persetujuan. Fix.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
03_Lembar Persetujuan. Fix.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
04_Lembar Pengesahan. Fix.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
05_Riwayat Hidup.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
06_Halaman Persembahan.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
07_Motto. Fix.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
08_Sanwacana.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
09_Daftar Isi Fix.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10_Daftar Tabel Fix.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11_Daftar Gambar Fix.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13_BAB 1.pdf

Download (221Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
14_BAB 2.pdf

Download (173Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
15_BAB 3.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
17_BAB 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
16_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1318Kb)
[img]
Preview
Text
18_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi terhadap guru-guru kimia SMA di Bandar Lampung, diketahui bahwa untuk memahami materi hukum-hukum dasar kimia dirasakan masih sulit oleh siswa. Hal itu disebabkan kurangnya praktikum dan LKS yang digunakan belum membimbing siswa untuk meningkatkan keterampilan generik sainsnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS dan animasi kimia berbasis keterampilan generik sains dan mengetahui (1) tingkat keterbacaan dan keterlaksanaan LKS kimia; (2) tingkat kemenarikan dan keterlaksanaan animasi kimia; (3) tingkat keterampilan generik sains siswa setelah penggunaan LKS dan animasi kimia; dan (4) tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan LKS dan animasi kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah uji ahli dan uji coba terbatas one group pre-tes and pos-tes. Uji coba terbatas dilakukan pada kelas X-1 SMA Surya iii Dharma 2 Bandar Lampung. Penelitian dibagi menjadi 3 tahap yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dengan menggunakan teknik penskoran. Hasil dari penelitian ini adalah (1) LKS kimia berbasis keterampilan generik sains mempunyai persentase tingkat keterbacaan sebesar 76,62% dan tingkat keterlaksanaan sebesar 73,56% dengan kriteria tinggi artinya sebagian besar siswa mampu menyerap isi pesan dan melaksanakan LKS dengan baik ; (2) animasi kimia berbasis keterampilan generik sains mempunyai persentase tingkat kemenarikan sebesar 70,11% dan tingkat keterlaksanaan sebesar 74,44% dengan kriteria tinggi artinya sebagian besar siswa menyukai dan mampu menyerap isi pesan dan melaksanakan animasi dengan baik; (3) tingkat keterampilan generik sains siswa sebesar 0,65 untuk indikator pengamatan tak langsung dengan kriteria sedang; 0,55 untuk indikator bahasa simbolik dengan kriteria sedang; 0,67 untuk indikator pemodelan matematika dengan kriteria sedang, dan 0,50 untuk indikator membangun konsep dengan kriteria sedang; (4) guru dan sebagian besar siswa berpendapat bahwa penggunaan LKS dan animasi berbasis keterampilan generik sains ini sangat membantu siswa melakukan percobaan, merumuskan kesimpulan dan membuat siswa lebih terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci : Animasi kimia, Keterampilan generik sains, LKS, Pengembangan.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: tik7 . Unila
Date Deposited: 08 Dec 2015 08:59
Last Modified: 08 Dec 2015 08:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15392

Actions (login required)

View Item View Item