PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT, IKLIM SEKOLAH, DAN BUDAYA MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613031001, DWI JAYANTI (2010) PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT, IKLIM SEKOLAH, DAN BUDAYA MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (233Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (259Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (327Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB IV.pdf

Download (284Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (3866b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (5Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa yang diwujudkan dalam bentuk skor atau angka setelah mengikuti tes pada saat berakhirnya proses pembelajaran. Hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji blok dari 196 siswa kelas XI IPS yang memperoleh nilai diatas 65 hanya mencapai 72 siswa (42%). Faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar ekonomi tersebut antara lain Intelligence Quotient, iklim sekolah, dan budaya membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intelligence Quotient, iklim sekolah, dan budaya membaca terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah Dwi Jayanti deskriptif verifikatif dengan metode ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 196 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 119 orang. Pengambilan sampel berdasarkan simple random sampling. Pengujian hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan analisis regresi linier sederhana dan hipotesis keempat menggunakan analisis regresi linier ganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1. Ada pengaruh Intelligence Quotient (X1) terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung hitung tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan t = tabel 11,068 > t = 1,999 dengan koefisien kolerasi (r) 0,715 dan r 2 koefisien determinasi ( ) sebesar 0,511 yang berarti bahwa hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh Intelligence Quotient sebesar 51,1%; 2. Ada pengaruh Iklim sekolah(X2) terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung tahun hitung pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan t = 4,839 > t tabel = 1,999 dengan koefisien kolerasi (r) 0,408 dan koefisien r 2 determinasi ( ) sebesar 0,167 yang berarti bahwa hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh iklim sekolah sebesar 16,7%; 3. Ada pengaruh budaya membaca (X3) terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung Dwi Jayanti hitung tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan t = tabel 9,191 > t = 1,999 dengan koefisien kolerasi (r) 0,648 dan r 2 koefisien determinasi ( ) sebesar 0,419 yang berarti bahwa hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh iklim sekolah sebesar 41,9%; 4. Ada pengaruh Intelligence Quotient, iklim sekolah dan budaya membaca terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Hal hitung tabel ini dibuktikan dengan F = 57,488 > F = 2,69 dengan koefisien kolerasi (r) 0, 775 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.600 yang berarti bahwa hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh Intelligence Quotient, iklim sekolah dan budaya membaca sebesar 60,0%. Kata kunci: Intelligence Quotient, iklim sekolah, budaya membaca, dan hasil belajar siswa.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 08 Dec 2015 08:59
Terakhir diubah: 08 Dec 2015 08:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15393

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir