PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Asissted Individualization) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK

0513024003, CUT MEILIA ISHARNI (2010) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (Team Asissted Individualization) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Bab I Coet new.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II Coet new.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III coet new.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V coet new.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
Bab IV coet new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108Kb)
[img]
Preview
Text
COVER SARJANA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Motto.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan pembimbing.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (22Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran Biologi di SMP Negeri 1 Ngambur berdasarkan hasil observasi dan wawancara, diperoleh informasi bahwa penguasaan materi biologi siswa masih rendah, khususnya pada materi pokok sistem gerak pada manusia. Hal ini diduga karena materi sistem gerak pada manusia memiliki karakteristik khusus salah satunya yaitu struktur dan fungsi organ menggunakan bahasa latin yang sulit untuk diingat. Guru juga belum menemukan metode pembelajaran yang cocok dengan karakteristik materi pokok sistem gerak pada manusia. Pembelajaran kooperatif tipe TAI diduga sesuai untuk karakteristik materi pokok sistem gerak pada manusia, dengan demikian diharapkan penguasaan materi biologi siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap penguasaan materi siswa pada materi pokok sistem gerak, dan (2) penguasaan materi siswa yang lebih tinggi pada penggunaan pembelajaran TAI dibandingkan tanpa pembelajaran TAI. Penelitian ini dilaksanakan bulan November 2009. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil TP 2009/2010 SMPN 1 Ngambur. Sampel yang diperoleh diambil dari populasi dengan menggunakan teknik cluster random sampling, siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah desain pretes-postes kelompok non ekuivalen. Data penelitian berupa penguasaan materi siswa pada pokok sistem gerak pada kedua kelas yang diperoleh dari nilai pretes, nilai postes dan skor gain pada setiap pertemuan. Data tersebut dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui program SPSS 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi siswa pada materi pokok sistem gerak, (2) Penguasaan materi siswa pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih tinggi dibandingkan tanpa model pembelajaran kooperatif tipe TAI.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 10 Dec 2015 04:08
Last Modified: 10 Dec 2015 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15437

Actions (login required)

View Item View Item