PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN KOGNITIF MELALUI MEDIA REALIA TK NEGERI PEMBINA METRO PUSAT TP. 2010/2011

, ASTUTININGSIH (2011) PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN KOGNITIF MELALUI MEDIA REALIA TK NEGERI PEMBINA METRO PUSAT TP. 2010/2011. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
judul.pdf - Published Version

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK~FINAL.pdf - Published Version

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan~rev feb21.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf - Published Version

Download (93Kb) | Preview
[img] Text
tesis akhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1116Kb)
[img]
Preview
Text
RKH ~lampiran1.pdf - Published Version

Download (175Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendiskripsikan penyusun perencanaan kegiatan harian 2) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media realia 3) Mendiskripsikan sistem evaluasi hasil belajar dengan menggunakan media realia 3)Mendiskripsikan peningkatan kemampuan berbahasa dan kognitif dengan menggunakan media realia. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas di TK Negeri Pembina Metro Pusat TP. 2010/2011 dengan subyek anak kelompok B1 dan B2. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi unjuk kerja. Tindakan siklus I menggunakan media realia berupa bunga, buah dan daun, siklus II menggunakan media tanaman obat keluarga, pada siklus III menggunakan media binatang kelinci, burung dara serta media lain yang relevan. Kesimpulan penelitian adalah 1) Peningkatan penilaian rencana kegiatan harian siklus I: 3,38 (kurang baik), siklus II: 4,00 (baik) dan siklus III: 4,88(sangat baik) 2) Proses pelaksanaan pembelajaran ditunjukkan dengan peningkatan persentase aktifitas unjuk kerja, kelompok B1 siklus I: 40,74%, siklus II 74,07% dan siklus III 100%. Persentase aktifitas kelompok B2 64.00%, siklus II 92.00% dan siklus III 100% 3) Validitas instrumen tes 0,857 (sangat tinggi) dan reliabilitas instrumen 0,85 (sangat tinggi), reliabilitas tes siklus I: 0,940 (sangat tinggi), siklus II: 0,908 (sangat tinggi), siklus III: 0,87 (sangat tinggi), 4) Skor ketuntasan kemampuan berbahasa dan kognitif mengalami peningkatan, untuk kelompok B1: siklus I: 29,63%, siklus II: 59,26% dan siklus III: 96,30% dan kelompok B2 : siklus I: 28,00%, siklus II: 68,00% dan siklus III: 100%. Kata Kunci: Kemampuan berbahasa dan kognitif, media realia

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 09 May 2014 03:10
Last Modified: 09 May 2014 03:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1544

Actions (login required)

View Item View Item