PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE KARYA WISATA DI KELAS V SDN 4 MULYA ASRI KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG

0713056421, Supriyanto PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE KARYA WISATA DI KELAS V SDN 4 MULYA ASRI KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
abstrak.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER LUAR.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 1.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 2.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 3.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (193Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 5.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini berawal dari latar belakang adanya kesenjangan antara model pembelajaran yang digunkan guru dengan kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penelitian ini mengungkap penggunaan metode karya wisata untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 4 Mulya Asri kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas yang diterapkan adalah dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan karya wisata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata prosentase aktivitas belajar siswa pada siklus pertama 67 % dan pada siklus kedua 92 %, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama 6,00, dan hasil pada siklus kedua 6,79. Kata kunci : pembelajaran, aktivitas belajar, hasil belajar dan karya wisata.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 10 Dec 2015 04:07
Terakhir diubah: 10 Dec 2015 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15449

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir