TINJAUAN HISTORIS TRANSMIGRASI PENSIUNAN ANGKATAN LAUT KE PROYEK PEMUKIMAN ANGKATAN LAUT (PROKIMAL) KECAMATAN KOTABUMI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 1971 - 2009

0513033024, EKA FITRI YANTI (2010) TINJAUAN HISTORIS TRANSMIGRASI PENSIUNAN ANGKATAN LAUT KE PROYEK PEMUKIMAN ANGKATAN LAUT (PROKIMAL) KECAMATAN KOTABUMI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 1971 - 2009. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
I.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
II.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
III.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] Text
1V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46Kb)
[img]
Preview
Text
V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover2.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul skripsi.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAN.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak

Transmigrasi adalah pemindahan penduduk dari suatu daerah untuk menetap ke daerah lain yang ditetapkan oleh pemerintah didalam wilayah RI guna kepentingan pembangunan Nasional berdasarkan ketentuan-ketentuan sebagaimana diatur dalam undang-undang. Berkaitan dengan itu Proyek pemukiman angkatan laut (prokimal) adalah salah satu daerah tempat pelaksanaan dari transmigrasi TNI Angkatan Laut, program ini dilaksanakan pada tahun 1971 yang merupakan transmigrasi khusus yang terkenal dengan Proyek Pemukiman TNI Angkatan Laut (Prokimal). Para pemukim umumnya adalah para purnawirawan TNI Angkatan Laut yang diberi fasilitas dalam rangka menjamin peningkatan taraf hidup transmigran beserta keluarganya yang berada di Prokimal Kotabumi Lampung Utara. Transmigran keluarga TNI Angkatan Laut di Prokimal Kotabumi lampung Utara dapat tergolong kedalam jenis transmigrasi Biro Rekontruksi Nasional (BRN). Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor penyebab program transmigrasi para Pensiunan ALRI ke Prokimal Kotabumi Lampung Utara Tahun 1971-2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis dengan teknik pengumpulan data melalui teknik Kepustakaan, dokumentasi, observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab diselenggarakannya program transmigrasi para Pensiunan ALRI ke Prokimal Kotabumi Lampung Utara Tahun 1971-2009. Eka Fitri Yanti Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor penyebab di selenggarakannya program transmigrasi para Pensiunan ALRI ke Prokimal Kotabumi Lampung Utara terjadi karena adanya faktor intern atau dari tempat asal dan faktor ekstern dari tempat pemukim, faktor intern atau dari tempat asal diantaranya adalah sempitnya lapangan pekerjaan yang ada diantaranya disebabkan oleh terbatasnya lapangan pekerjaan yang ada, besarnya penduduk secara alami, sehingga jumlah pertambahan penduduk tidak dapat diserap oleh lapangan pekerjaan yang ada, sehingga jumlah pertambahan penduduk tidak dapat diserap oleh lapangan pekerjaan yang ada, kenaikan harga pokok tidak diikuti gaji pensiunan sehingga kebutuhan hidup kurang terpenuhi. Faktor ekstern dari tempat pemukim keadaan tanah yang relatif subur dibandingkan dengan di Jawa sehingga banyak yang bertransmigrasi serta kebutuhan hidup dapat terpenuhi, dengan adanya keadaan tanah yang subur tersebut mereka bisa menanam tanaman dan kemudian hasil panennya bisa memenuhi kebutuhan hidup, banyaknya lapangan pekerjaan masih jarang.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 10 Dec 2015 04:07
Last Modified: 10 Dec 2015 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15451

Actions (login required)

View Item View Item