PENOKOHAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA

0643041043, VERI SULISTIA NINGSIH (2010) PENOKOHAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
3.Pengesahan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
II.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover luar.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Motto.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pengesahan sulis..pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN Q.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN Sulis.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
Revisi BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (703Kb)
[img]
Preview
File PDF
Riwayat Hidup.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.Q.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penokohan tokoh utama dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dan relevansinya sebagai bahan pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penokohan tokoh utama dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dan menilai relevan atau tidaknya novel tersebut untuk dijadikan alternatif bahan pembelajaran sastra Indonesia di sekolah menengah atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Tokoh Alif diidentifikasi dengan menggunakan teknik analitik dan teknik dramatik. Sumber data penelitian ini adalah novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penokohan tokoh utama dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi, pengarang lebih banyak menggunakan teknik dramatik daripada teknik analitik. Secara analitik, Alif digambarkan sebagai seorang yang pandai, pemalu, tidak teguh pendirian, tegas, iri, patuh, tidak sabar, optimis, suka belajar menulis, pandai dalam bidang jurnalistik, pekerja keras dalam belajar, menyukai pelajaran bahasa Inggris dan Arab, menyukai kegiatan olahraga, hobi berkirim surat. Secara dramatik, Alif digambarkan melalui beberapa teknik, yakni: teknik cakapan, teknik tingkah laku, teknik pikiran dan perasaan, arus kesadaran, teknik reaksi tokoh, teknik reaksi tokoh lain, teknik pelukisan latar, dan teknik pelukisan fisik. Melalui beberapa teknik tersebut, pengarang menggambarkan Alif sebagai seorang yang memiliki pikiran terbuka, takut melakukan kesalahan, perhatian, pandai dalam bidang jurnalistik, pandai berbahasa Arab dan Inggris, penyayang, membuat orang lain cemas, khawatir, optimis, pandai dalam bidang agama, pandai berpidato, taat beribadah, rajin, pemberani dan santun, lincah dalam bermain sepakbola, pekerja keras dalam belajar, tidak teguh pendirian, ragu-ragu, mudah gelisah, iri, tidak bergantung kepada orang lain, tidak sabar, lemah dalam menghafal, memiliki cita-cita tinggi, patuh, menyadari kesalahan diri sendiri, suka belajar menulis, seorang yang berasal dari keluarga kurang mampu, tekun dalam belajar, berbadan kecil dan lemah, serta disayangi orang tuanya. Berdasarkan hasil analisis penokohan tokoh utama dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa novel ini layak dijadikan alternatif bahan pembelajaran sastra Indonesia di SMA karena sesuai dengan silabus kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA dan didukung dengan indikator kelayakan novel yang dapat dijadikan bahan pembelajaran, yaitu memberikan pelajaran moral dan memberikan ketepatan dalam wujud pengungkapan berupa kemampuan pengarang dalam menuangkan ide ceritanya dalam bentuk karangan.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:50
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15488

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir