0713056407, HARI SUPIATI (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III DENGAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING DI SDN 03 MULYO ASRI, KAC. TULANG BAWANG TENGAH KAB. TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (32Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
halaman pelengkap.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Judul e.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang selama ini, adanya kesenjangan antara model pembelajaran yang digunakan guru. Sehingga siswa dalam mengikuti pembelajaran, menjadi jenuh. Untuk mengatasi permasalahan, peneliti menerapkan suatu pendekatan Cooperatif Learning. Diharapkan dengan peneraparan pendekatan Cooperatif Learning pada mata pelajaran IPS hasil belajar siswa meningkat. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03 Mulyo Asri yang berjumlah 31 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam Bidang Studi IPS kelas III di SDN 03 Mulyo Asri. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui kegiatan observasi dan pemberian tugas melalui tes, sedangkan pengolahan datanya dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Aktivitas belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu siklus 1 rata-rata 65,05% meningkat menjadi 75,45% pada siklus II, 2) Hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami kenaikan yaitu pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa 6,25 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat rata-rata 7,00 dan 3) Aktivitas guru selama pembelajaran setiap siklusnya juga mengalami kenaikan, yaitu siklus I 2,66 dan siklus II meningkat menjadi 3,05 dengan kategori baik.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 01:52 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2015 01:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15501 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |