MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III DENGAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING DI SDN 03 MULYO ASRI, KAC. TULANG BAWANG TENGAH KAB. TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0713056407, HARI SUPIATI (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III DENGAN PENDEKATAN COOPERATIF LEARNING DI SDN 03 MULYO ASRI, KAC. TULANG BAWANG TENGAH KAB. TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32Kb)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover2.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pelengkap.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul e.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang selama ini, adanya kesenjangan antara model pembelajaran yang digunakan guru. Sehingga siswa dalam mengikuti pembelajaran, menjadi jenuh. Untuk mengatasi permasalahan, peneliti menerapkan suatu pendekatan Cooperatif Learning. Diharapkan dengan peneraparan pendekatan Cooperatif Learning pada mata pelajaran IPS hasil belajar siswa meningkat. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03 Mulyo Asri yang berjumlah 31 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam Bidang Studi IPS kelas III di SDN 03 Mulyo Asri. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui kegiatan observasi dan pemberian tugas melalui tes, sedangkan pengolahan datanya dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Aktivitas belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu siklus 1 rata-rata 65,05% meningkat menjadi 75,45% pada siklus II, 2) Hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami kenaikan yaitu pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa 6,25 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat rata-rata 7,00 dan 3) Aktivitas guru selama pembelajaran setiap siklusnya juga mengalami kenaikan, yaitu siklus I 2,66 dan siklus II meningkat menjadi 3,05 dengan kategori baik.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:52
Last Modified: 14 Dec 2015 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15501

Actions (login required)

View Item View Item