PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA OLEH SISWA

0413024025, FAHMI APRIYANTO (2010) PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA OLEH SISWA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] Text
IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover depan.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR tabel dan gambar.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Rriwayat hidup.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (19Kb) | Preview

Abstrak

Multimedia pembelajaran didisain untuk melibatkan pengguna secara aktif di dalam proses pembelajaran, juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Melalui pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing setiap siswa dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan animasi multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing terhadap penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa; 2) penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia oleh siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing dan animasi multimedia dibandingkan tanpa menggunakan animasi multimedia. Sampel dipilih dari populasi seluruh siswa kelas VIII semester ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010 SMP Budaya Bandar Lampung dengan teknik cluster Fahmi Apriyanto random sampling. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia diperoleh dari pretes, postes, dan N gain siswa, kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan program SPSS15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan animasi multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok Sistem Pencernaan pada Manusia; 2) penguasaan materi oleh siswa dengan menggunakan animasi multimedia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing lebih tinggi dibanding tanpa menggunakan animasi multimedia.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:52
Last Modified: 14 Dec 2015 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15510

Actions (login required)

View Item View Item