0413024037, Novi Maulina (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
abstrak ku.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 4.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Sarjana.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar pustaka.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABE1.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR tabel dan gambar.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
METODE PENELITIAN.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENDAHULUAN.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan pembimbing.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (77Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pemahaman konsep Jamur pada siswa kelas X SMA Al-Kautsar Bandar Lampung rendah hal ini ditandai dengan hasil belajar pada materi pokok Jamur kelas X SMA Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2008/2009 masih rendah yaitu 6,0 dengan kriteria ketuntasan belajar 6,5. Salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar rendah adalah metode pembelajaran kurang bervariatif masih mengandalkan metode ceramah. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif. Untuk itu, perlu di berikan satu alternatif model pembelajaran yang dapat memberdayakan keaktifan siswa untuk menunjang pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Al-Kautsar Bandar Lampung pada materi pokok Jamur, dan (2) hasil belajar siswa yang lebih tinggi pada penggunaan model pembelajaran berdasarkan masalah dibandingkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2009 sampai Juli 2010 Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 6 dan X 7 yang diambil secara purposive sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian quasi eksperimen yaitu pretes-postes kelompok non ekuivalen untuk aspek kognitif sedangkan desain postes pada kelompok ekuivalen untuk aspek afektif dan psikomotorik. Data penelitian berupa hasil belajar siswa pada Materi Pokok Jamur yang diperoleh dari nilai pretes dan post test, serta nilai afektif dan psikomotor siswa yang diambil dengan lembar observasi pada setiap pertemuan. Score gain, nilai pretes, post test, nilai afektif dan psikomotor tersebut kemudian dianalisis dengan uji t . Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penggunaan model pembelajaran berdasarkan masalah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Jamur, (2) hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dibandingkan tanpa model pembelajaran berdasarkan masalah.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 01:52 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2015 01:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15511 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |