PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0543031020, HENI PARIDA (2010) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (470Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (79Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain materi, tujuan, sarana dan prasarana belajar, suasana kelas dan evaluasi belajar. Faktor yang tidak kalah penting dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: ”Apakah ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010?”. Tujuan penelitian ini adalah: Sebagai sumbangan khasanah keilmuan bagi pembaca berkenaan dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada umumnya dan prestasi belajar IPS Terpadu pada khususnya. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan Survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 276 siswa, dengan jumlah sampel 83 siswa. Jumlah sampel ini berdasarkan penarikan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokementasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan secara parsial, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t hitung > t tabel yaitu 7,294 >1,662 dengan koefisien korelasi (r) 0,638 dan koefisien determinasi (R2) 0,407 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 29,04%, dan ada pengaruh positif motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,786 >1,662 dengan koefisien korelasi (r) 0,482 dan koefisien determinasi (R2) 0,232 dengan dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 24,86%. Hasil analisis data yang dilakukan secara simultan, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh F hitung > F tabel yaitu 46,716 > 3,07 dengan koefisien korelasi (r) 0,734 dan koefisien determinasi (R2) 0,539 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 53,9%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:52
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15525

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir