PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0543031020, HENI PARIDA (2010) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (143Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (79Kb) | Preview

Abstrak

Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain materi, tujuan, sarana dan prasarana belajar, suasana kelas dan evaluasi belajar. Faktor yang tidak kalah penting dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: ”Apakah ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010?”. Tujuan penelitian ini adalah: Sebagai sumbangan khasanah keilmuan bagi pembaca berkenaan dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada umumnya dan prestasi belajar IPS Terpadu pada khususnya. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan Survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 276 siswa, dengan jumlah sampel 83 siswa. Jumlah sampel ini berdasarkan penarikan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokementasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan secara parsial, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t hitung > t tabel yaitu 7,294 >1,662 dengan koefisien korelasi (r) 0,638 dan koefisien determinasi (R2) 0,407 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 29,04%, dan ada pengaruh positif motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,786 >1,662 dengan koefisien korelasi (r) 0,482 dan koefisien determinasi (R2) 0,232 dengan dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 24,86%. Hasil analisis data yang dilakukan secara simultan, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Ada pengaruh positif pemanfaatan perpustakaan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, diperoleh F hitung > F tabel yaitu 46,716 > 3,07 dengan koefisien korelasi (r) 0,734 dan koefisien determinasi (R2) 0,539 dengan sumbangan pengaruh efektif sebesar 53,9%.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: tik7 . Unila
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:52
Last Modified: 14 Dec 2015 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15525

Actions (login required)

View Item View Item