HUBUNGAN SIKAP SISWA TERHADAP PELAJARAN IPS LIGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL DI SMP NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011

, ERNAWATI (2011) HUBUNGAN SIKAP SISWA TERHADAP PELAJARAN IPS LIGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL DI SMP NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
Tesis.pdf - Published Version

Download (501Kb) | Preview

Abstrak

Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan yang mempunyai tugas untuk membentuk manusia berkualitas dalam pengetahuan, sikap, maupun keterampilan yang pencapaiannya dilakukan dengan terencana, terarah dan sistematis. Upaya peningkatan mutu pendidikan, khususnya pendidikan di sekolah, tidak terlepas dari masalah prestasi belajar yang dicapai oleh siswa. Untuk mencapai prestasi belajar yang baik dan maksimal yang diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dari peserta didik dan guru sebagai pendidik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui: (1) Hubungan antara Sikap siswa terhadap mata pelajaran IPS dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VII semester ganjil di SMP Nusantara Bandar Lampung. (2) Hubungan antara Lingkungan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VII semester ganjil di SMP Nusantara Bandar Lampung.(3) Hubungan antara Motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VII semester ganjil di SMP Nusantara Bandar Lampung.(4) Hubungan antara Sikap siswa terhadap mata pelajaran IPS, Lingkungan belajar dan Motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VII semester ganjil di SMP Nusantara Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu metode deskriptif asosiatif, dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 190 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 95 siswa, yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1). Terdapat hubungan antara sikap dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VII semester ganjil di SMP Nusantara Bandar Lampung, yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 7,201 > 1,990. (2). Terdapat hubungan antara Lingkungan belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VII semester ganjil di SMP Nusantara Bandar Lampung, yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 7,897 > 1,990 , (3). Terdapat hubungan antara Motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VII semester ganjil di SMP Nusantara Bandar Lampung, yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 10,231 > 1,990. (4). Terdapat hubungan antara sikap siswa terhadap mata pelajaran IPS, Lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VII semester ganjil di SMP Nusantara Bandar Lampung, yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji F yang menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 86,261 > 2,71. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa dengan memiliki sikap yang positif terhadap suatu mata pelajaran tertentu, lingkungan belajar yang kondusif serta didukung motivasi yang tinggi maka akan dihasilkan prestasi yang baik. Kata kunci: sikap siswa, lingkungan belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 09 May 2014 03:54
Last Modified: 09 May 2014 03:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1555

Actions (login required)

View Item View Item