PENGARUH PEMANFAATAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA SURYA DHARMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0643031015, FUJI AYU SAFTARINA (2010) PENGARUH PEMANFAATAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA SURYA DHARMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img] Text
4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342Kb)
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (19Mb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (3910b) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (136Kb) | Preview

Abstrak

Belajar adalah proses seseorang untuk memperoleh keterampilan dan sikap proses belajar dimulai masa kecil, masa kanak-kanak dan masa remaja. Dalam kehidupan manusia tidak lepas dari belajar karena belajar telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia sesuai dengan ilmu pengetahuan. Proses belajar ditandai dengan terjadinya perubahan prilaku pada diri siswa, baik dalam aspek kognitif,afektif maupun psikomotorik. Perubahan itu meliputi cara berpikir,cara mengendalikan diri dan cara berinteraksi dengan orang lain. Perubahan prilaku dalam aspek kognitif tercermin dari prestasi belajar siswa. Salah satu factor dalam mempengaruhi prestasi belajar anak didik adalah ketersediaan sarana belajar dan motivasi belajar siswa Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh positif pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X semester genap SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. (2) untuk mengetahui pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa semester genap SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. (3) Untuk mengetahui pengaruh positif pemanfaatan sarana belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X semester genap SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan metode ex post facto dan survey. Sample penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung yang berjumlah 51 siswa.pengumpulan data dilakukan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis linier sederhana dan hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh positif pemanfaatans sarana belajar di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. hal ini dibuktikan dengan rhitung > rtabel,yaitu 0,807 > 0,396 koefisien korelasi (r) sebesar 0.605 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0.366 yang berarti bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi 36,60% oleh pemanfaatan sarana belajar di sekolah. makin besar pemanfaatan sarana belajar makin tinggi prestasi belajar siswa. 2. Ada pengaruhi positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010.hal ini dibuktikan dengan rhitung = 0,738 > rtabel = 0,396 dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,308 yang berarti bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 30,80% 3. Ada pengaruh positif pemanfaatan sarana belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X semester ganjil SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010 Hal ini dibuktikan dengan rhitung = 0,536> rtabel = 0,396 dengan koefisien korelasi (r) 0,716 dan koefisien determinasi r2 sebesar 0,513 yang berarti bahwa prestasi belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010 dipengaruhi oleh adanya pemanfaatan sarana belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Sebesar 51,30%. Sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: tik7 . Unila
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:57
Last Modified: 14 Dec 2015 01:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15555

Actions (login required)

View Item View Item