PENGARUH PROGRAM PELATIHAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN ( STUDI PADA PT BUKIT ASAM (PERSERO) TBK UNIT PELABUHAN TARAHAN BANDAR LAMPUNG )

0611011025, Reistiaty Novalia Sudarman PENGARUH PROGRAM PELATIHAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN ( STUDI PADA PT BUKIT ASAM (PERSERO) TBK UNIT PELABUHAN TARAHAN BANDAR LAMPUNG ). Digital Library.

[img]
Preview
Text
0611011025-abstract.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011025-abstrak.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011025-kesimpulan.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0611011025-pendahuluan.pdf

Download (337Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PT Bukit Asam (Persero) Tbk Unit Pelabuhan Tarahan Bandar Lampung sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang eksplorasi batubara dan sebagai unit pemuatan atau pengiriman batubara melalui dermaga pelabuhan Tarahan Bandar Lampung sampai saat ini masih mampu bertahan memasarkan hasil produksinya kedalam maupun keluar negeri. Namun masalahan yang dihadapi oleh PT Bukit Asam (Persero) Tbk Unit Pelabuhan Tarahan Bandar Lampung ini yaitu Jika karyawan akan menduduki posisi atau jabatan yang lebih tinggi dari jabatan yang ia jalankan sekarang, maka karyawan dituntut untuk memiliki latar belakang pendidikan dan keterampilan yang disyaratkan pada posisi atau jabatan tersebut (Tabel 2). Dan hal ini merupakan kendala yang dihadapi oleh karyawan, karena masih ada beberapa karyawan yang memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan minimal yang dibutuhkan oleh perusahaan (Tabel 3). Sehingga dibutuhkan suatu program peningkatan kemampuan dan keahlian karyawan, agar karyawan lebih terampil dalam menjalankan tugasnya yang nantinya akan berdampak pada kepuasan kerja karyawan. Maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah : “Apakah Program Pelatihan Karyawan Memiliki Pengaruh Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Bukit Asam (Persero) Tbk Unit Pelabuhan Tarahan Bandar Lampung”. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, yaitu ditujukan kepada karyawan PT Bukit Asam (Persero) Tbk Unit Pelabuhan Tarahan Bandar Lampung yang telah mengikuti program pelatihan karyawan sebanyak 50 orang. Alat analisis kuantitatif yang digunakan adalah analisis regresi linier dengan bantuan program SPSS 16.0. dan diperoleh hasil Y = 15,253 + 0,720 X1 yang berarti jika terjadi peningkatan program pelatihan karyawan sebesar satu satuan maka akan diikuti dengan peningkatan kepuasan kerja karyawan sebesar 0,720 satuan. Sedangkan kontribusi (R2) program pelatihan karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan adalah sebesar 51,90% dan sisanya sebesar 48,10% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti didalam penelitian ini. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 7,194 > 2,011 pada tingkat kepercayaan 95 %, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terbukti bahwa program pelatihan karyawan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:50
Last Modified: 14 Dec 2015 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15578

Actions (login required)

View Item View Item