PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS X SMAN 7 BANDAR LAMPUNG 2010 / 2011

, HASTUTI JAYANEGARA (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS X SMAN 7 BANDAR LAMPUNG 2010 / 2011. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK & ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (102Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB 1 - 5.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (327Kb)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; (1) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Pelaksanaan pembelajaran, (3) Sistem evaluasi, (4) Peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD). Tempat penelitian di SMAN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Siklus I dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD, siklus II pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media OHP, siklus III pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media OHP dan lembaran uraian materi yang berisikan ringkasan uraian guru. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes bentuk uraian. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) Penyusunan kualitas RPP pelajaran matematika berdasarkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan lembar penilaian RPP, diperoleh hasil; nilai RPP siklus 1 yaitu 2,97 nilai RPP siklus 2 yaitu 3,30 dan nilai RPP siklus 3 yaitu 4 dengan kategori baik sehingga sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan RPP. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas X.5 aktivitas siklus 1 yang aktif 20 siswa (50%) ; siklus 2 yang aktif 27 siswa (67,5%), dan siklus 3 yang aktif 29 siswa (72,5%). Pada kelas X.6 aktivitas siklus 1 yang aktif 20 siswa (50%), siklus 2 yang aktif 30 siswa (75%). 3) Sistem evaluasi mata pelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui proses tes dalam bentuk uraian validitas instrument tes siklus 1 dengan indeks (0,4), siklus 2 dengan indeks (0,5) dan siklus 3 dengan indeks (0,6). Reliabilitas tes siklus 1 adalah (0,36), siklus 2 adalah (0,6) dan siklus 3 adalah (0,70), sehingga sistem evaluasi yang digunakan sudah sesuai dengan kategori keberhasilan sistem evaluasi. 4) Peningkatan prestasi belajar pada kelas X.5 siklus 1 dengan nilai tertinggi 73 rata-rata 67,1, rata-rata tuntas 4 siswa (10%), siklus 2 dengan nilai tertinggi 75, rata-rata 70,15, rata-rata tuntas 12 siswa (30%), dan siklus 3 dengan nilai tertinggi 83, rata-rata 80, rata-rata tuntas 32 siswa (80%). Pada kelas X.6 siklus 1 dengan nilai tertinggi 75 rata-rata 70, rata-rata tuntas 10 siswa (25%), siklus 2 dengan nilai tertinggi 84, rata-rata 81, rata-rata tuntas 35 siswa (87,5%).

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> Teknologi (General)
> Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 09 May 2014 04:10
Terakhir diubah: 09 May 2014 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1558

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir