PENGARUH WAKTU PEMERAMAN TERHADAP KEKUATAN PAVING BLOCK PASCA PEMBAKARAN MENGGUNAKAN MATERIAL TANAH DAN KAPUR UNTUK JALAN LINGKUNGAN

A.Kino , Onika Permata Sari (2013) PENGARUH WAKTU PEMERAMAN TERHADAP KEKUATAN PAVING BLOCK PASCA PEMBAKARAN MENGGUNAKAN MATERIAL TANAH DAN KAPUR UNTUK JALAN LINGKUNGAN. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (898Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1012Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (338Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR NOTASI.pdf - Published Version

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (416Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (416Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (371Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (689Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (74Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (8Mb)

Abstrak

Laju pembangunan infrastruktur terkadang menimbulkan dampak negatif, seperti pada penggunaan lapis perkerasan yang kedap air hal ini mengakibatkan proses infiltrasi air ke dalam tanah terhambat. Dengan memanfaatkan paving block maka dapat memberikan solusi pada masalah pembangunan infrastruktur. Secara awamdikenal bahwa paving block merupakan komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis sejenisnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan lainnya sesuai definisi SNI 03-0691-1996. Untuk mencari alternatif lain maka dilakukan pengkajian paving block dengan campuran tanah dan kapur. Sampel tanah yang diuji berasal dari daerah Karang Anyar, Lampung Selatan. Komposisi campuran yang digunakan adalah 6%, 8% dan 10%, dengan waktu pemeraman 7,14 dan 28 hari serta dengan perlakuan tanpa pembakaran dan pasca pembakaran pada sampel paving block. Kemudian dilakukan pengujian kuat tekan dan daya serap air. Hasil penelitian ini diperoleh karakteristik dari sampel tanah merupakan tanah lempung. Nilai rata-rata kuat tekan berbanding lurus dengan jumlah komposisi kapur, penambahan masa pemeraman. Nilai kuat tekan dengan masa pemeraman hingga 28 hari untuk sampel sebelum pembakaran sebesar 10,87 kg/cm 2 sampai 32,96 kg/cm 2 sedangkan nilai kuat tekan setelah pembakaran sebesar 16,99 kg/cm 2 sampai 56,91 kg/cm 2 . Nilai uji daya serap air berbanding terbalik dengan jumlah komposisi kapuryaitu sebesar 10,07% sampai 15,07%. Nilai kuat tekan yang dihasilkan secara keseluruhan masih belum memenuhi spesifikasi dari paving block SK-SNI-03-1996 yaitu minimal kuat tekan sebesar 85 kg/cm 2 . Begitu pula dengan nilai uji daya serap air belum memenuhi spesifikasi dari paving blockSK SNI – 03 – 0691– 1996 yaitu berkisar 3% - 10%.. Kata kunci : Paving block, tanah lempung, kuat tekan, pembakaran tanah.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Teknologi > Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Teknologi > Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Mesin (General). Mesin Sipil (General)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Sipil
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 08 Jan 2014 05:56
Last Modified: 08 Jan 2014 05:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item