PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN KERJA KARYAWAN PADA PT LAUTAN TEDUH INTERNIAGA (DEALER UTAMA YAMAHA) BANDAR LAMPUNG

0641011128, SHANTIKA LUPITA SARI PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN KERJA KARYAWAN PADA PT LAUTAN TEDUH INTERNIAGA (DEALER UTAMA YAMAHA) BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0641011128-abstract.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0641011128-abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0641011128-kesimpulan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0641011128-pendahuluan.pdf

Download (236Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PT Lautan Teduh Interniaga (Dealer Utama Yamaha) Bandar Lampung merupakan perusahaan swasta yang bergerak di bidang penyaluran kendaran sepeda motor merek Yamaha di Bandar Lampung terus menerus mengembangkan budaya yang baik pada setiap karyawannya. Masalah yang dihadapi PT Lautan Teduh Interniaga (Dealer Utama Yamaha) adalah Lemahnya budaya organisasi dalam pencapaian tingkat komitmen kerja karyawan mengakibatkan seseorang karyawan akan sulit bekerja secara maksimal, mulai dari tingkat absensi yang kurang efektif yaitu mencapai 0,59% (Tabel.3) maupun kurang tercapainya realisasi target volume penjualan 2009 dengan penurunan volume penjualan yang terjadi pada bulan September sebesar 77% (Tabel.2). Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah budaya organisasi yang dimiliki mempunyai pengaruh positif terhadap komitmen kerja karyawan pada PT Lautan Teduh Interniaga (Dealer Utama Yamaha) di Bandar Lampung? Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier sederhana untuk melihat besarnya pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen kerja karyawan. Berdasarkan hasil perhitungan didapat nilai Y = 9,101+0,622X. Berarti budaya organisasi berpengaruh positif secara signifikan terhadap komitmen kerja karyawan. Nilai positif pada koefisien menunjukan bahwa hubungan yang terjadi antara variabel budaya organisasi dengan komitmen kerja karyawan searah sehingga mampu menciptakan komitmen karyawan. Pernyataan ini didukung oleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,387 atau 38,7% yang artinya besarnya pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen kerja karyawan sebesar 37,1%, sedangkan sisanya 62,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar budaya organisasi. Selain itu nilai t-hitung (6,051) > t-tabel (2,002) dan signifikan t-hitung sebesar 000 yang berarti menjawab hipotesis penelitian ini yaitu budaya organisasi berpengaruh terhadap komitmen kerja karyawan PT Lautan Teduh Interniaga (Dealer Utama Yamaha) Bandar Lampung. Saran yang diberikan kepada PT Lautan Teduh Interniaga (Dealer Utama Yamaha) Bandar Lampung yaitu perusahaan perlu terus berusaha untuk lebih meningkatkan budaya organisasi yang baik kepada karyawan serta senantiasa memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen kerja karyawan baik yang bersifat material maupun non material.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:46
Last Modified: 14 Dec 2015 01:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15609

Actions (login required)

View Item View Item