PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

0513024017, ARYUNI (2010) PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI MULTIMEDIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SARJANA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persembahan.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak

SMA Negeri 7 Bandar Lampung telah memiliki fasilitas ruang multimedia namun pemanfaatannya minim dan belum mengkombinasikannya dengan model pembelajaran yang dapat menggali keterampilan berpikir kritis siswa. Animasi multimedia yang dikombinasikan dengan model siklus belajar diyakini dapat menggali keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok sistem pernapasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan animasi multimedia yang dikombinasikan dengan model siklus belajar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 dan IPA 4 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang berupa keterampilan berpikir kritis siswa yang diambil dari nilai pretes, postes dan N- gain. Nilai pretes, postes dan N-gain tersebut kemudian dianalisis dengan uji t. Aryuni Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t 2 diketahui bahwa t hit (10,76) > t tabel (1,996) sehingga H 0 (perbedaan dua rata-rata) di tolak. Berarti rata-rata N-gain siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata N-gain siswa pada kelas kontrol. Pada penelitian ini juga dilakukan uji t untuk tiap-tiap indikator keterampilan berpikir kritis siswa yang diamati yaitu indikator memberikan penjelasan sederhana diperoleh t hit(5,765), t hit(4,158), indikator menyimpulkan t hit(3,487) lanjut t hit(2,419). indikator membangun keterampilan dasar dan indikator memberikan penjelasan Dari hasil Uji t N-gain tiap indikator keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh t hitung > t tabel (1,996) yang berarti ada perbedaan yang signifikan pada semua indikator keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Indikator keterampilan berpikir kritis siswa yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah indikator memberikan penjelasan lanjut yaitu sebesar 33,99%.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:46
Last Modified: 14 Dec 2015 01:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15612

Actions (login required)

View Item View Item