MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PERMAINAN CERMIN DINDING DAN PASAR IMPIAN PADA SISWA KELAS XI DI SMK WASKITA BEKRI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Marmono (alm), YUDA PRATAMA (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PERMAINAN CERMIN DINDING DAN PASAR IMPIAN PADA SISWA KELAS XI DI SMK WASKITA BEKRI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (452Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (450Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (255Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (113Kb) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (412Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1682Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini motivasi belajar siswa rendah. Permasalahan penelitian ini apakah motivasi belajar bisa ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan cermin dinding dan pasar impian pada siswa kelas XI di SMK Waskita Bekri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar bisa ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan cermin dinding dan pasar impian pada siswa kelas XI di SMK Waskita Bekri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, dan dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subyek penelitian 8 orang siswa kelas XI SMK Waskita Bekri yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan motivasi belajar mengalami peningkatan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan cermin dinding dan pasar impian. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung =-2,530 dan ztabel 0,05 = 1,960. Karena zhitung < ztabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat peningkatan signifikan antara skor motivasi belajar sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan dengan layanan bimbingan kelompok kepada subyek penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini motivasi belajar mengalami peningkatan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan cermin dinding dan pasar impian pada siswa kelas XI SMK Waskita Bekri Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran 1.diberikan kepada siswa hendaknya mengikuti layanan bimbingan kelompok jika mengalami kesulitan dalam meningkatkan motivasi belajar, 2.kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya dapat membantu siswa meningkatkan motivasi belajar melalui penggunaan layanan bimbingan dan kelompok, 3.kepada peneliti lain hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah yang sama dengan subjek yang usianya berbeda. Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Bimbingan Konseling, Motivasi Belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 09 May 2014 07:57
Last Modified: 09 May 2014 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item View Item