PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 FASE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI HIDROKARBON

0613023047, Sittatul Atiqoh (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 FASE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI HIDROKARBON. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I LC 3 E.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III LC 3E.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II LC 3E.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV LC 3E.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (182Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V LC 3E.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR NILAI PENGUASAAN KONSEP.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTTO.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWANCANA.pdf

Download (25Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep pada materi hidrokarbon kelas X 7 SMA Negeri 10 Bandar Lampung TP. 2008-2009 adalah 64,5. Siswa yang mendapatkan nilai dari 35 siswa. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70, maka persentase ketuntasan belajar siswa adalah 45,71%. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on task) masih rendah. Upaya untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep kimia diterapkan model LC 3E. Pembelajaran ini berbasis kontruktivisme yang terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration); fase penjelasan (explaination); dan fase penerapan konsep (elaboration). Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penyebab dan peningkatan: (1) rata-rata tiap jenis aktivitas on task siswa; (2) rata-rata penguasaan konsep; (3) ketuntasan belajar siswa; pada materi hidrokarbon melalui model LC 3E dari siklus ke siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep materi hidrokarbon. Hasil penelitian ini menunjukkan dari siklus I ke siklus II ke siklus III: (1) aktivitas mengerjakan LKS meningkat 13,58% dan 13,92%, karena siswa mulai terlatih dengan adanya LKS yang bersifat membangun konsep; bertanya kepada guru meningkat 28,45% dan 3,25%, karena siswa antusias bertanya kepada guru; menjawab pertanyaan dari guru meningkat 19,6% dan 8,65%, karena guru sudah memperbaiki cara bertanya kepada siswa; memberi pendapat meningkat 10,1% dan 17,4%, karena siswa sudah berani menyampaikan pendapatnya; (2) rata-rata penguasaan konsep meningkat 8,71% dan 8,75%. Hal ini dikarenakan adanya pendekatan guru kepada siswa untuk menanyakan kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan pada fase penerapan konsep; (3) ketuntasan belajar siswa meningkat 14,32% dan 11,43%, karena siswa lebih aktif menjelaskan suatu konsep berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya, untuk dapat menemukan sendiri konsep-konsep yang dipelajari dan menerapkan konsep pada contoh kejadian yang lain, sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi hidrokarbon melalui model pembelajaran LC 3E.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:47
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15624

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir