PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS V SDN 6 MERAK BATIN KEC. NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TP. 2009/2010

0713056114, NETTY HERAWATI PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS V SDN 6 MERAK BATIN KEC. NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TP. 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img] File PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (216Kb)
[img]
Preview
File PDF
5.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (76Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengamatan yang diperoleh pada pembelajaran PKn di kelas V SDN 6 Merak Batin, tentang rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak besar pada hasil belajar siswa yang mendapat nilai di atas KKM baru mencapai 45%. Diduga penyebabnya adalah tidak ada model–model pembelajaran baru yang digunakan oleh guru bidang studi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Untuk mencari jalan keluar dari masalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar, maka peneliti melaksanakan PTK dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dengan rumusan masalah, “Apakah melalui model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung selatan Tahun Pelajaran 2009/2010?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 6 Merak Batin tahun ajaran 2009–2010 sebanyak 40 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview dan tes formatif. Adapun prosedur penelitian yang digunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari menyusun rancangan tindakan (planning), Melaksanakan rencana tindakan persiklus (acting), pengamatan dan pencatatan (observing), dan terakhir refleksi atau evaluasi tindakan. Berdasarkan analisa data, diperoleh hasil nilai aktivitas belajar siswa sangat aktif (12,50%) pada siklus I dan pada siklus II mencapai 27,50%. Dan skor hasil belajar tidak ada siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM (0%). Kesimpulan: hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Model Cooperative Learning Tipe STAD

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:47
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15637

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir