0713056114, NETTY HERAWATI PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS V SDN 6 MERAK BATIN KEC. NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TP. 2009/2010. Digital Library.
|
File PDF
1.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
File PDF
4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (216Kb) |
||
|
File PDF
5.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (76Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan pengamatan yang diperoleh pada pembelajaran PKn di kelas V SDN 6 Merak Batin, tentang rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak besar pada hasil belajar siswa yang mendapat nilai di atas KKM baru mencapai 45%. Diduga penyebabnya adalah tidak ada model–model pembelajaran baru yang digunakan oleh guru bidang studi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Untuk mencari jalan keluar dari masalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar, maka peneliti melaksanakan PTK dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dengan rumusan masalah, “Apakah melalui model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung selatan Tahun Pelajaran 2009/2010?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 6 Merak Batin tahun ajaran 2009–2010 sebanyak 40 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview dan tes formatif. Adapun prosedur penelitian yang digunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari menyusun rancangan tindakan (planning), Melaksanakan rencana tindakan persiklus (acting), pengamatan dan pencatatan (observing), dan terakhir refleksi atau evaluasi tindakan. Berdasarkan analisa data, diperoleh hasil nilai aktivitas belajar siswa sangat aktif (12,50%) pada siklus I dan pada siklus II mencapai 27,50%. Dan skor hasil belajar tidak ada siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM (0%). Kesimpulan: hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Model Cooperative Learning Tipe STAD
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 01:47 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2015 01:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15637 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |