PENINGKATAN KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 6 MERAK BATIN KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TP. 2009 / 2010

0713056125, TURYONO PENINGKATAN KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 6 MERAK BATIN KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TP. 2009 / 2010. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img] File PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (227Kb)
[img]
Preview
File PDF
5.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (69Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengamatan awal, keterampilan intelektual siswa kelas V SDN 6 Merak Batin khususnya mata pelajaran IPS sangat rendah. Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan keterampilan intelektual siswa, salah satu alternatif penyelesaiannya adalah dengan menerapkan metode diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Apakah Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan intelektual siswa di kelas V SDN 6 Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan?”. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan intelektual siswa melalui metode diskusi pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 6 Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan tes formatif. Adapun prosedur penelitian yang digunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari menyusun rancangan tindakan (planning), melaksanakan rencana tindakan persiklus (acting), pengamatan dan pencatatan (observing), dan terakhir refleksi atau evaluasi tindakan. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan analisis kuantitatif yang menggunakan statistik sederhana, hasil keterampilan intelektual siswa meningkat. Berdasarkan data–data yang disebutkan di atas, ditarik kesimpulan bahwa: metode diskusi meningkatkan keterampilan intelektual siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN 6 Merak Batin terbukti. Kata Kunci: Keterampilan Intelektual, dan Metode Diskusi

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:50
Terakhir diubah: 14 Dec 2015 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15639

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir