PENGARUH SIKAP BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0643031013, EVA RINA (2010) PENGARUH SIKAP BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (363Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 11.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 111.pdf

Download (300Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover2.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul skripsi.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAN.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak

Prestasi belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Prestasi yang tinggi mencerminkan keberhasilan dalam proses belajar mengajar, atau sebaliknya. Prestasi belajar yang rendah mencerminkan belum berhasilnya proses belajar mengajar. Banyak faktor yang diduga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa diantaranya adalah sikap belajar dan minat belajar disekolah terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 404, dengan jumlah sampel 121 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Pengujian untuk hipotesis 1 dan 2 menggunakan uji t dan hipotesis 3 menggunakan uji F. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh sikap belajar ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukan dengan t hitung = 8,889 > t tabel = 1,980 dengan koefisien korelasi ( r ) 0,632 dan koefisien determinasi ( r ²) sebesar 0,399 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh sikap belajar ekonomi siswa sebesar 39,9%. 2. Ada pengaruh minat belajar ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukan dengan t hitung = 5,101 > t tabel = 1,980 dengan koefisien korelasi ( r ) 0,424 dan koefisien determinasi ( r ²) sebesar 0,179 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh minat belajar ekonomi siswa sebesar 17,9%. 3. Ada pengaruh sikap belajar dan minat belajar ekonomi siswa terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukan dengan F hitung sebesar 60,865 > F tabel 3,073 dengan koefisien korelasi ( R ) 0,713 dan koefisien determinasi ( R²) sebesar 0,508 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh sikap belajar siswa dan minat belajar ekonomi siswa sebesar 50,85%.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:48
Last Modified: 14 Dec 2015 01:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15652

Actions (login required)

View Item View Item