PERANAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) MASIR DALAM MEMBANTU PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK DI DESA NELAYAN PULAU PASARAN KELURAHAN KOTA KARANG KECAMATAN TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN

0643032037, ROSIYANAH (2010) PERANAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) MASIR DALAM MEMBANTU PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK DI DESA NELAYAN PULAU PASARAN KELURAHAN KOTA KARANG KECAMATAN TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
anyar 1.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
anyar 2.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
anyar 3.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
anyar 5.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER,.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan sangat menentukan bagi perkembangan anak disuatu hari. Dalam hal ini Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) paling tidak mengemban seluruh kecerdasan anak, penanaman nilai-nilai dasar, dan pengembangan kemampuan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Masir dalam Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Anak di Desa Nelayan Pulau Pasaran Kelurahan Kota Karang Kecamatan Teluk Betung Barat Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009-2010. Penelitian ini akan menjelaskan Peranan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai pembimbing, fasilitator, mediator, motivator, dan membantu dalam pertumbuhan meliputi pertumbuhan otak, fisik serta perkembangan anak yang meliputi aspek fisik, aspek kognitif dan aspek psikososio-emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan populasi yang berjumlah 5 orang responden. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi sebagai teknik pokok, sedangkan penunjangnya adalah dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah rumus interval, presentase dan rumus frekuensi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui Peranan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Masir berkategori tidak berperan adalah 2(40%), berkategori kurang berperan adalah 2(40%) responden, dan berkategori berperan adalah 1(20%) responden. Sedangkan Peranan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Masir dalam Membantu Pertumbuhan Anak berkategori rendah adalah sebanyak 2(40%) responden, berkategori sedang 2(40%) responden, dan kategori baik sebanyak 1(20%) responden. Sedangkan Peranan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Masir dalam Membantu Perkembangan Anak masuk dalam rendah sebanyak 1(20%) responden, berkategori sedang 3(60%) responden, dan berkategori baik sebanyak 1(20%) responden. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa Peranan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Masir dalam Membantu kategori Pertumbuhan dan Perkembangan Anak di desa Nelayan Pulau Pasaran Kelurahan Kota Karang Kecamatan Teluk Betung Barat Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010 cukup berperan (Sedang).

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi PPKN
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:50
Last Modified: 14 Dec 2015 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15655

Actions (login required)

View Item View Item