0713056120, SUPRIYATI (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 3 MERAK BATIN TAHUN 2009/2010. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V Rekomendasi dan Saran.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FOLDER 1 ANALISIS (PENDAHULUAN).pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FOLDER II MEDIA DALAM RANCANGAN PTK.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FOLDER III LAPORAN PELAKSANAAN SIKLUS I.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
File PDF
FOLDER IV LAPORAN PELAKSASNAAN SIKLUS II.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (42Kb) |
||
|
File PDF
IDENTITAS.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Judul e.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di SDN 3 Merak Batin, kualitas hasil belajar IPA siswa kelas V masih dibawah KKM, ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media konkret. Metode Penelitian ini, menggunakan pendekatan penelitian tindakan. Prosedur penelitian berbentuk siklus Setiap siklus terdiri dari empet tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa penggunaan media konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan aktivitas siswa: memperhatikan guru dalam penyampaian materi 90% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, bertanya kepada guru 35% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II, melaksanakan kegiatan 95% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, menjawab pertanyaan guru 50% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II, memberikan pendapat dalam diskusi 50% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II, menyelesaikan tugas 90% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dan ketepatan mengumpulkan tugas dari 90% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I 63,00 menjadi 71,15 pada siklus II atau meningkat 8,15. Presentase siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus I 75% menjadi 100% pada siklus II atau meningkat 25%. Saran peneliti yang diajukan kepada guru kelas untuk menggunakan media pembelajaran yang sesusai agar siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan baik agar mutu pendidikan sekolah dasar meningkat.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 01:48 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2015 01:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15660 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |