PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 3 MERAK BATIN TAHUN 2009/2010

0713056120, SUPRIYATI (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 3 MERAK BATIN TAHUN 2009/2010. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Rekomendasi dan Saran.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
FOLDER 1 ANALISIS (PENDAHULUAN).pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
FOLDER II MEDIA DALAM RANCANGAN PTK.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
FOLDER III LAPORAN PELAKSANAAN SIKLUS I.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img] Text
FOLDER IV LAPORAN PELAKSASNAAN SIKLUS II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42Kb)
[img]
Preview
Text
IDENTITAS.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul e.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di SDN 3 Merak Batin, kualitas hasil belajar IPA siswa kelas V masih dibawah KKM, ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media konkret. Metode Penelitian ini, menggunakan pendekatan penelitian tindakan. Prosedur penelitian berbentuk siklus Setiap siklus terdiri dari empet tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa penggunaan media konkret dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan aktivitas siswa: memperhatikan guru dalam penyampaian materi 90% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, bertanya kepada guru 35% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II, melaksanakan kegiatan 95% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, menjawab pertanyaan guru 50% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II, memberikan pendapat dalam diskusi 50% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II, menyelesaikan tugas 90% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II dan ketepatan mengumpulkan tugas dari 90% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I 63,00 menjadi 71,15 pada siklus II atau meningkat 8,15. Presentase siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus I 75% menjadi 100% pada siklus II atau meningkat 25%. Saran peneliti yang diajukan kepada guru kelas untuk menggunakan media pembelajaran yang sesusai agar siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan baik agar mutu pendidikan sekolah dasar meningkat.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 14 Dec 2015 01:48
Last Modified: 14 Dec 2015 01:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item