0813023022, Devina Putri Sari EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 E PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PREDIKSI SISWA. Digital Library.
|
File PDF
Bab I.pdf Download (297Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (265Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III (revisi).pdf Download (267Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV (revisi).pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (318Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. PERNYATAAN.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. ABSTRAK.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. cover dalam.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. penyetujuan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. MENGESAHKAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTTO.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (194Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (48Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pengajaran sains bertujuan sebagai proses yaitu untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa, sehingga menghantarkan siswa pada pembelajaran yang bermakna. Ketepatan memilih dan menerapkan model pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat keterampilan inferensi dan prediksi. Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan prediksi siswa, (2) mendeskripsikan efektivitas pembe-lajaran learning cycle 3E dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan prediksi siswa. Model pembelajaran learning cycle 3E ter-diri dari 3 fase yaitu fase eks-plorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaination) dan Fase penerapan konsep (elaboration). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Al-kautsar Bandar Lampung kelas XI IPA 3 dan XI IPA4 semester Ganjil Tahun Ajaran 2011-2012 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran learning cycle 3E diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan infe-rensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing -0,0465 dan 0,5920; dan rerata N-gain keterampilan prediksi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing -1,4150 dan -0,0253. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan inferensi dan prediksi yang lebih tinggi diban-dingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran learning cycle 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan prediksi siswa. Kata kunci: pembelajaran Learning Cycle 3E, keterampilan inferensi dan keterampilan prediksi
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:26 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15699 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |