0713056220, TRI SETYOWATI PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IV (EMPAT) SD NEGERI 1 WAY JAHA TAHUN 2010. Digital Library.
|
File PDF
1.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
|
File PDF
2.pdf Download (7Mb) | Preview |
|
|
File PDF
3.pdf Download (7Mb) | Preview |
|
File PDF
4.1.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2603Kb) |
||
File PDF
4.2.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (206Kb) |
||
File PDF
4.3.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (190Kb) |
||
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (62Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Nilai mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 1 Way jaha semester genap tahun pelajaran 2009 / 2010 baru mencapai 44% dengan rata-rata ulangan harian 58, penyebab dapat berasal dari guru atau siswa itu sendiri. Dari guru antara lain, kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan “white board” dalam menyampaikan materi ke siswa. Dari metode tersebut menyebabakan siswa pasif dan sering mengantuk di dalam kelas serta ribut sendiri. Hal tersebut dapat menyebabkan kurangnya penguasaan konsep terhadap materi pelajaran. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memberikan pemahaman materi yang disampaikan melalui alat peraga dengan pendemonstrasi yang menarik perhatian siswa, dengan demikian siswa akan mudah memahami materi yang dipelajari. Selain memahami materi yang disampaikan melalui alat peraga tujuan dari pembelajaran itu adalah melatih siswa untuk dapat aktif berdiskusi sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus pembelajaran dengan 4 x pertemuan. Satu tahap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap SD Negeri 1 Way jaha, Tanggamus tahun pelajaran 2009 / 2010, sebanyak 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal pretes dan soal postes, sedangkan untuk mengamati aktivitas siswa menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) Penggunaan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA, dan rata-rata aktivitas belajar IPA mengalami peningkatan dari 45,06% pada siklus I menjadi 58,32% pada siklus II. (2) Penggunaan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar IPA dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar > 65 dengan prosentase ketuntasan prestasi vi belajar sebesar 61,76% pada siklus I menjadi 90,91% pada siklus II, mengalami peningkatan 29,15% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Kata Kunci : Alat peraga, aktivitas belajar, prestasi belajar IPA
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:24 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15731 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |