0713056221, TRI SUBEKTI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS V (LIMA) SEKOLAH DASAR NEGERI BANJAR AGUNG UDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR+DALAM.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (73Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa kelas V (lima) SDN Banjar Agung Udik Kecamatan Pugung kabupaten Tanggamus yang memperoleh prestasi rendah pada tes sumatif semester ganjil tahun 2009-2010 untuk pelajaran matematika. Permasalahannya adalah apakah penggunaan media realia dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Banjar Agung Udik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media realia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kerja kelompok dengan menggunakan media realia dengan pola sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah 21 siswa kelas V SDN Banjar Agung Udik yang masih memiliki prestasi yang rendah pada semester ganjil tahun 2009/2010 untuk pelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi siswa pada pelajaran matematika setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media realia. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai prestasi siswa antara tes awal (sebelum pembelajaran dengan media realia) dengan tes akhir (sesudah pembelajaran menggunakan media realia) dan antara siklus 1 dengan siklus 2. Jumlah siswa yang tuntas pada tes awal siklus 1 sebanyak 2 siswa, yang belum tuntas sebanyak 19 siswa. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas pada tes akhir siklus 1 sebanyak 9 siswa, yang belum tuntas sebanyak 12 siswa. Jumlah siswa yang tuntas pada tes awal siklus 2 sebanyak 6 siswa, yang belum tuntas sebanyak 15 siswa. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas pada tes akhir siklus 2 sebanyak 19 siswa, yang belum tuntas sebanyak 2 siswa. Ini berarti terdapat peningkatan prestasi siswa yang signifikan antara prestasi yang diperoleh siswa sebelum pembelajaran dengan sesudah pembelajaran yang menggunakan media realia. vi Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media realia, aktivitas belajar siswa meningkat dan sejalan dengan hal tersebut maka prestasi siswapun meningkat pula. Saran yang diajukan peneliti adalah hendaknya para guru menggunakan media realia dalam pembelajaran. Media realia yang disarankan adalah media realia sederhana yang diambil dari lingkungan sekitar dan mudah diperoleh atau dapat dibuat sendiri.Untuk materi kesebangunan dan simetri, media realia bangun datar yang terbuat dari kertas berwarna terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kepada para siswa hendaknya selalu memperhatikan penjelasan guru, berperan aktif dalam berdiskusi, aktif memanipulasi media realia yang ada, berani bertanya kepada guru tentang materi yang belum diketahui, percaya diri dan berani mengemukakan pendapatnya di depan teman-temannya. Kata kunci: media realia, aktivitas belajar, prestasi belajar matematika
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:20 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15737 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |