PENGARUH BIAYA BUNGA, PENDAPATAN BUNGA DAN INVESTASI PADA AKTIVA TETAP TERHADAP LIKUIDITAS BANK UMUM YANG GO PUBLIC DI BEJ PERIODE 2005 – 2007

0211011159, SITI ROHMAH PENGARUH BIAYA BUNGA, PENDAPATAN BUNGA DAN INVESTASI PADA AKTIVA TETAP TERHADAP LIKUIDITAS BANK UMUM YANG GO PUBLIC DI BEJ PERIODE 2005 – 2007. Digital Library.

[img]
Preview
Text
0211011159-abstrak.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0211011159-anstract.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0211011159-kesimpulan.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0211011159-pendahuluan.pdf

Download (194Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Pengelolaan likuiditas merupakan masalah yang cukup komplek dalam kegiatan operasi bank. Sulitnya pengelolaan likuiditas tersebut disebabkan dana yang dikelola bank sebagian besar adalah dana masyarakat yang sifatnya jangka pendek dan dapat ditarik sewaktu-waktu. Perkiraan kebutuhan likuiditas tersebut sangat dipengaruhi oleh perilaku penarikan nasabah, sifat dan jenis sumber dana yang dikelola bank. Bank tidak dapat mengetahui dengan tepat kapan dan berapa jumlah dana yang akan dibutuhkan atau akan ditarik oleh nasabah. Memperkirakan kebutuhan likuiditas merupakan masalah yang sangat pelik bagi suatu bank. Bank dalam melaksanakan kegiatan operasi akan tercermin pada beberapa hal diantaranya seberapa banyak sumber dana yang berupa simpanan masyarakat yang berhasil dihimpun, penempatan dana yang berupa pinjaman yang mampu diberikan kepada nasabah, serta investasi aktiva tetap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel biaya bunga, pendapatan bunga dan investasi pada aktiva tetap pada likuiditas bank umum baik secara parsial dan simultan dan mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap likuiditas bank umum. Penelitian ini menggunakan sampel Bank Umum yang go public di Bursa Efek Jakarta BEJ pada periode penelitian 2005-2007. Jenis penelitian explanatory research, yaitu menjelaskan ada tidaknya hubungan antara variabel-variabel yang diteliti melalui suatu pengajuan hipotesis yang dilakukan. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode sensus. Jumlah populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 bank. Alat analisis data yang digunakan regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS) yang sudah bebas dari gejala asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan variabel-variabel bebas yang diteliti mempengaruhi likuiditas bank umum dan secara parsial variabel biaya bunga, pendapatan bunga dan investasi pada aktiva tetap memiliki pengaruh yang signifikan terhadap likuiditas bank umum dengan menggunakan pendekatan Loan to Deposit Ratio (LDR). Variabel pendapatan bunga merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang paling dominan dengan arah yang positif terhadap Loan to Deposit Ratio (LDR) bank. Bank umum yang memberikan jumlah kredit yang tinggi cenderung akan mengalami kesulitan likuiditas. Karena dengan adanya peningkatan pemberian kredit akan meningkatkan resiko kredit bermasalah sehingga mengakibatkan aliran masuk yang berupa cicilan pokok beserta pendapatan bunga akan terganggu.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:21
Last Modified: 18 Dec 2015 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15757

Actions (login required)

View Item View Item