PENGARUH CITRA MEREK PRODUK KARTU XL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNVERSITAS LAMPUNG)

0411011093, Lulus Pujo Prawira PENGARUH CITRA MEREK PRODUK KARTU XL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNVERSITAS LAMPUNG). Digital Library.

[img]
Preview
Text
0411011093-abstract.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0411011093-abstrak.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0411011093-kesimpulan.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
0411011093-pendahuluan.pdf

Download (516Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Citra merek adalah deskripsi tentang asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek tertentu. Citra merek memiliki 3 variabel yaitu citra pembuat (corporate image), citra pemakai (user image), dan citra produk (product image). Isu mengenai citra merek mulai berkembang seiring dengan persaingan bisnis yang smakin ketat sehingga menyebabkan kebutuhan konsumen tidak lagi terbatas pada fungsi utama yang biasa diberikan pada suatu produk, tetapi berkembang menjadi kebutuhan sekunder yaitu keinginan pada suatu merek. Salah satu kartu seluler yang dikenali masyarakat adalah produk kartu XL. Kartu XL selalu memberikan kemudahan kepada konsumen dalam berkomunikasi berupa fasilitas-fasilitas yang terdapat di dalam kartu seluler, oleh karena itu pokok masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: apakah citra merek berpengaruh terhadap keputusan untuk membeli produk kartu XL pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas lampung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk kartu XL. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh citra merek terhadap keputusan untuk membeli produk kartu XL pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lampung yang masih aktif, yang dilakukan dengan non probality sampling dan setelah dilakukan perhitungan sampel yang diperoleh adalah sebanyak 65 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara menganalisis kesalahan berdasarkan teori-teori yang berhubungan dengan citra merek terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk kartu XL dan kemudian dikaitkan dengan data hasil penyebaran kuesioner pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas lampung. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh bahwa citra pembuat, citra pemakai dan citra produk signifikan pada tingkat signifikan yang digunakan yaitu 0,05 dengan probabilitas masing-masing X1= 0,028, X2= 0,020, X3= 0,036. Uji ketepatan model regresi diukur dengan nilai chi square dari uji Nilai Hosmer and Lemeshow Test (X2). Pada model ini nilai chi square sebesar 4,573 dengan level keyakinan sebesar 0,712 , artinya bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima. Nilai Nagelkerke R2 = 0,712. Artinya, bahwa variabel-variabel citra pembuat (X1), citra pemakai (X2), dan citra produk (X3) mampu mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebesar 71,20% sedangkan sisanya 28,80% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Saran yang dapat diberikan untuk PT Exelcomindo Pratama tbk bahwa Citra Pemakai (user image) perlu diperhatikan, karena variabel ini terbukti mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian pada produk kartu, untuk lebih kreatif lagi dalam mengembangkan jaringan, fitur – fitur yang terdapat dalam kartu, dan tarif demi untuk kenyamanan pemakai produk.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:14
Last Modified: 18 Dec 2015 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15779

Actions (login required)

View Item View Item