PENINGKATAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 MENGGALA

, Novi Milanda (2011) PENINGKATAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 MENGGALA. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
Abstrak_daftar isi.pdf - Published Version

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (232Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (211Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) sistem evaluasi (4) peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action classroom research) yang dilaksanakan dengan 3 siklus. Tindakan pada siklus pertama pembelajaran dengan menggunakan media gambar yang tidak di proyeksikan, siklus kedua dengan media gambar yang di proyeksikan, dan siklus ketiga dengan menggunakan audio visual. Kesimpulan penelitian ini adalah; (1) peningkatan perencanaan pembelajaran, diperoleh hasil siklus 1 yaitu 2,4 siklus 2 yaitu 3,1 dan siklus 3 yaitu 3,9 (2) peningkatan aktivitas belajar siswa, pada kelas 8A siklus 1 siswa yang aktif 24%, siklus 2 siswa yang aktif 50%, dan siklus 3 siswa yang aktif 80,07%. Sedangkan peningkatan aktivitas belajar siswa, pada kelas 8B siklus 1 siswa yang aktif 19,2%, siklus 2 siswa yang aktif 38,4%, dan siklus 3 siswa yang aktif 80% (3) sistem evaluasi di lihat dari soal yang digunakan yaitu 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay dengan validitas siklus 1 0,332, siklus 2 0,385, dan siklus 3 0,361. Untuk reabilitas pada siklus 1 0,269, siklus 2 0,385, siklus 3 0,492. Untuk daya pembeda pada siklus 1 0,266, siklus 2 0,238, dan siklus 3 0,189. Dan untuk tingkat kesukaran pada siklus 1 0,645, siklus 2 0,678, dan siklus 3 0,736. (4) Peningkatan prestasi belajar siswa, pada kelas 8A siklus 1 siswa yang tuntas 40%, siklus 2 siswa yang tuntas 69,2%, dan siklus 3 siswa yang tuntas 100%. Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa, pada kelas 8B siklus 1 siswa yang tuntas 34,6%, siklus 2 siswa yang tuntas 69,27%, dan siklus 3 siswa yang tuntas 100%

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 May 2014 05:41
Last Modified: 10 May 2014 05:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item