PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

0613022008, Risa Hartati PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.pdf

Download (11Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.pdf

Download (2250Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (3480Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.pdf

Download (27Mb) | Preview
[img] File PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (35Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Program studi Pendidikan Fisika FKIP Unila telah menghasilkan berbagai macam produk media pembelajaran berbasis TIK yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Akan tetapi, produk tersebut sangat kurang sekali dimanfaatkan oleh khalayak umum, mulai dari e-book hingga modul interaktif. Salah satu produk pembelajaran yang telah dihasilkan adalah Modul Interaktif Materi Fluida SMA/MA Menggunakan Macromedia Captivate. SMA YP Unila merupakan sekolah yang telah mengupayakan penggunaan fasilitas TIK dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika diketahui bahwa guru jarang sekali menggunakan media yang bervariatif dalam pembelajaran fisika. Hal ini diduga merupakan hal yang menyebabkan rendahnya minat, aktivitas, dan hasil belajar fisika siswa. Salah satu altematif yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat, aktivitas, dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran dengan menggunakan media berbasis TIK dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat, aktivitas, dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media TIK pada pokok bahasan fluida statis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA YP Unila yang berjumlah 40 orang, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki, dan 24 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Media pembelajaran yang digunakan berperan sebagai pelengkap (komplemen) materi pembelajaran di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan minat, aktivitas, dan hasil belajar siswa secara umum setiap siklusnya. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa nilai rata-rata minat belajar siswa pada siklus I sebesar 2,62; pada siklus II meningkat menjadi 2,70; dan pada siklus III minat siswa kembali meningkat menjadi 2,85. Hasil analisis aktivitas pada siklus I adalah 66,77; pada siklus II meningkat menjadi 71,56; dan siklus III aktivitas siswa kembali meningkat menjadi 76,56. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 64,21; pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 73,88; dan pada siklus III rata-rata hasil belajar menjadi 70,15; rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III ini terkategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK dengan menerapkan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan minat, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Kata kunci : media, pendekatan pembelajaran konstruktivisme, minat, aktivitas, hasil belajar siswa Physic education of FKIP Unila has produce many education product based on ICT that can be used as education media in school. In fact, that product is rarely used by people, start from e-book until interactive modul. One of the product which produced is High School Fluid Interactive Modul which is used Macromedia Captivate. SMA YP Unila is one of school which use media based on ICT in learning. Based on the result and interview with physics teacher, it is known that the education media which is used in learning physic is lack of variation. It estimates caused lack of enthusiasm, activity, and result of student in physic. One of the way to improve enthusiasm, activity, and result in learning is by using education media based ICT with constructivism education approach. The aim of this research is to descript the improvement of enthusiasm, activity, and result in learning by using media based on ICT in static fluid. The subject of this research is science student grade XI 6 SMA YP Unila which amount 40 students consist of 16 boys and 24 girls. This research is classroom action research in three cycles. Education media that used in the studies process as a complement. The result shows improvement in enthusiasm, activity, and result in learning in each cycle. Based on the analysis the average point of enthusiasm is 2,62 in first cycle; 2,7 in second cycle; and 2,85 in third cycle. The result of activity analysis in first cycle is 66,77; in second cycle is 71,56; and in third cycle is 76,56. The average point of result in learning in first cycle is 64,21; in second cycle is 73,88; and in third cycle is 70,15; the result in third cycle is in good category. Based on analysis, it is conclude that the using of education media based ICT with constructivism education approach can improve enthusiasm, activity, and result student. Key words : media, constructive education approach, enthusiasm, activity, student result in learning

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:22
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15820

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir