PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN 1 BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2010/2011

0613022019, ARYANTINI (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN 1 BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1.pdf

Download (3658Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.pdf

Download (11Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.pdf

Download (719Kb) | Preview
[img] File PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (2801b)
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (51Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya hasil uji blok siswa kelas X10 semester ganjil MAN 1 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2010-2011 kemungkinan disebabkan oleh faktor metode mengajar yang digunakan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : (1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MAN 1 Bandarlampung? (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan metode drill dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah? Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Bandarlampung sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X7 dan X10 semester genap MAN 1 Bandarlampung yang berjumlah 75 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data berupa data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai tes awal dan tes akhir. Kemudian dihitung selisih Aryantini antara nilai tes awal dengan tes akhir. Nilai selisih tersebut disebut sebagai skor gain. Teknik pengumpulan data nilai tes awal diambil sebelum pembelajaran pertemuan pertama pada setiap kelas baik eksperimen maupun kontrol, sedangkan nilai tes akhir diambil setelah pembelajaran pertemuan ketiga pada setiap kelas baik eksperimen maupun kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 17.0, hasil analisis menunjukkan bahwa hasil uji normalitas kedua data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan melakukan uji homogenitas dan diperoleh bahwa data mempunyai variansi yang homogen. Kemudian untuk menguji kesamaan dua rata-rata antara beberapa kelompok data dilakukan uji T. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara penggunaan metode drill dengan hasil belajar fisika siswa yang ditunjukkan oleh nilai sig pada t-test for Equality of Means adalah sebesar 0,033, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan metode drill dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah yang ditunjukkan oleh nilai sig pada Levene's Test for Equality of Variances adalah sebesar 0,878. Kata kunci: metode drill, hasil belajar fisika.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:23
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15833

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir