0643022022, Henike Puspasari PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA. Digital Library.
|
File PDF
1.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
File PDF
4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (354Kb) |
||
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA REVISI.pdf Download (75Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas VIII F SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 diduga oleh rendahnya minat belajar siswa. Pada pembelajaran di kelas, siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang menyukai pelajaran IPA Fisika. Dengan diterapkannya pembelajaran discovery, siswa melakukan berbagai macam kegiatan yang membuat siswa dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran, hal ini diharapkan mampu membuat siswa untuk menyukai belajar IPA Fisika sehingga materi yang harus dikuasai mudah diterima oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tindakan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery (2) minat siswa terhadap pembelajaran fisika dengan menerapkan pendekatan discovery (3) hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan discovery. Henike Puspasari Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 19 Bandar Lampung semester genap pada materi getaran dan gelombang tahun pelajaran 2010/2011, dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa, minat dan hasil belajar fisika siswa dapat ditingkatkan dengan dengan pendekatan discovery dilakukan dengan cara; (1) merumuskan masalah untuk dipecahkan siswa; (2) menetapkan hipotesis/jawaban sementara untuk dikaji lebih lanjut; (3) siswa mencari informasi, data, fakta yang diperlukan untuk menjawab permasalahan/hipotesis; (4) menarik kesimpulan jawaban, dan; (5) mengaplikasikan kesimpulan dalam situasi baru. Peningkatan rata-rata minat belajar siswa dibuktikan dari nilai rata-rata minat belajar siswa pada siklus I sebesar 69,30 dengan kategori “Sedang”; siklus II meningkat sebesar 4,64 menjadi 73,94 dengan kategori “Sedang”; dan pada siklus III meningkat sebesar 5,9 menjadi 79,84 dengan kategori “Tinggi”. Selanjutnya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,53 dengan kategori “Belum Tuntas”; pada siklus II meningkat sebesar 8,28 menjadi 72,81 dengan kategori ”Tuntas”; pada siklus III meningkat kembali sebesar 3,28 dengan nilai rata-rata 76,09 dengan kategori ”Tuntas”. Kata kunci : Pembelajaran discovery, minat, dan hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:23 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15836 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |