PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TRIGONOMETRI MELALUI PEMANFAATAN WEB BLOG DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 METRO

, SUINDRIYATI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TRIGONOMETRI MELALUI PEMANFAATAN WEB BLOG DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 METRO. Masters thesis, Fakultas KIP.

[img]
Preview
Text
1 COVER DAN DAFTAR ISI 7.pdf - Published Version

Download (204Kb) | Preview
[img] Text
2 Isi Revisi 7.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (503Kb)
[img]
Preview
Text
0. SEKAT LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (72Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) proses pembelajaran, 3) sistem penilaian pembelajaran matematika, 4) peningkatan prestasi belajar trigonometri melalui pemanfaatan web blog di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Metro. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus, Siklus I menggunakan media web blog, Siklus II menggunakan media web blog, modul cetak, dan panduan pemakaian web, Siklus III menggunakan media web blog, modul cetak, soft copy modul dan Internet Download Manager (IDM). Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan lembar penilaian RPP, lembar penilaian aktifitas siswa, dan tes secara on line di akhir siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) kualitas RPP yang dibuat guru, siklus I nilai 24 (katagori sedang), siklus II nilai 33 (katagori baik), siklus III nilai 37 (katagori sangat baik); 2) aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran meningkat, siklus I siswa yang aktif kelas A 13% kelas B 6% kelas C 6%, Siklus II siswa yang aktif kelas A 88% kelas B 34% kelas C 28%, siklus III siswa yang aktif kelas A 100%, kelas B 91% kelas C 81%; 3) sistem penilaian dilakukan secara tertulis, jumlah soal 10 butir, bentuk soal pilihan ganda dengan 5 pilihan, Siklus I nilai validitas 0,51 (cukup); reliabelitas nilai 0,74( tinggi) ; daya beda nilai 0,75 (tinggi);tingkat kesukaran 0,60 (sedang) ; Siklus II nilai validitas 0,53 (cukup); reliabelitas nilai 0,76 (tinggi); daya beda nilai 0,74 (tinggi); tingkat kesukaran 0,61 (sedang) ; Siklus III nilai validitas 0,53 (cukup); reliabelitas nilai 0,74 (tinggi); daya beda nilai 0,82 (tinggi); tingkat kesukaran 0,62 (sedang) ; 4) siswa yang tuntas pada siklus I kelas A 34% kelas B 31% kelas C 31%, siklus II kelas A 75% kelas B 66% kelas C 66% dan pada siklus III kelas A 84% kelas B 81% kelas C 78%. Kata Kunci: prestasi belajar, web blog, penelitian tindakan kelas

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi > Teknologi (General)
Teknologi (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 May 2014 05:52
Last Modified: 10 May 2014 05:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item