PENGEMBANGAN ALAT PEREKAM GETARAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP GETARAN

0713022002, Budi Setiono (2011) PENGEMBANGAN ALAT PEREKAM GETARAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP GETARAN. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER luar.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. cover dalam.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. menyetujui.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. mengesahkan.pdf

Download (3996b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. persembahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. riwayat hidup.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. motto.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. sanwacana.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab i.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab ii.pdf

Download (553Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab iii.pdf

Download (216Kb) | Preview
[img] File PDF
bab iv.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (134Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab v.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
dp p.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
surat pernyataan.pdf

Download (79Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penggunaan media untuk menyampaikan pesan dalam pembelajaran membawa pengaruh positif terhadap minat, motivasi dan hasil belajar siswa. Media pembelajaran secara khusus dapat berfungsi sebagai sarana yang dapat memberikan pengalaman visual kepada siswa untuk mendorong motivasi belajar, memperjelas dan mempermudah konsep yang abstrak serta mempertinggi daya serap dan retensi belajar siswa. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan akan media pembelajaran materi getaran, dikembangkanlah alat peraga perekam getaran beserta LKS yang dapat digunakan sebagai satu kesatuan untuk membelajarkan konsep-konsep getaran baik dengan menerapkan metode demonstrasi maupun metode eksperimen. Pengembangan alat peraga dan LKS getaran mengadaptasi model pengembangan media instruksional dari prosedur pengembangan produk dan uji coba produk menurut Suyanto sebagai acuan. Pengujian produk sebagai media pembelajaran dilakukan dengan mengkomparasikan model Suyanto tersebut dengan format instrumen penilaian media berbasis cetakan yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2006 tanpa memisahkan uji spesifikasi dan uji Budi Setiono kualitas produknya. Mengacu pada model pengembangan tersebut yang meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji kelayakan produk (uji internal) oleh ahli, uji kemanfaatan produk (uji eksternal) oleh pengguna, dan produksi akhir diperoleh produk (alat peraga beserta LKS) yang telah teruji secara internal dan eksternal. Hasil uji internal menunjukkan alat peraga dan LKS yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji eksternal menunjukkan alat peraga dan LKS efektif digunakan sebagai media pembelajaran (85,24 % siswa uji telah tuntas KKM). Pengujian eksternal yang dilakukan terhadap 61 siswa kelas XI IPA SMAN 1 Purbolinggo Tahun 2011/2012 sebagai pengguna menunjukan kualitas LKS: menarik, mudah digunakan, dan bermanfaat serta kualitas alat peraga: sangat menarik, sangat mudah digunakan dan sangat bermanfaat dengan kualitas hasil belajar secara keseluruhan berkriteria baik. Kata kunci: penelitian pengembangan, media pembelajaran, alat peraga dan LKS getaran.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:10
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15843

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir