MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 1 METRO BARAT

0713053013, Danti Prameswari (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 1 METRO BARAT. Digital Library.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (256Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (436Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover 2.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cv.pdf

Download (3500b) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar gambar.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar lampiran.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
motto.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (3406b) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
sanwacana.pdf

Download (110Kb) | Preview

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VA SD Negeri 1 Metro Barat. Peneliti bermaksud untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VA SD Negeri 1 Metro Barat dengan menggunakan strategi problem solving. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan menggunakan dua siklus yang didalamnya terdapat empat tahap pada tiap-tiap siklusnya yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan diperoleh melalui lembar observasi dan instrument tes pada setiap siklusnya. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi problem solving pada mata pelajaran IPS kelas VA SD Negeri 1 Metro Barat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I (46,87 %) dan siklus II (72,5 %) dengan nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II (25,63 %). Sementara itu rata-rata nilai hasil belajar siswa siklus I (63,33) dan siklus II (75) dengan nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (11,45). Sementara itu persentase rata-rata kinerja guru siklus I (60,28 %) dan siklus II (80,56 %) dengan nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (20,28%). Kata kunci : Strategi problem solving, aktivitas dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:10
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15856

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir