PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE TBK (Studi pada Konsumen PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, Bandar Lampung)

0511011023, Sururi Abdillah PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE TBK (Studi pada Konsumen PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0511011023-abstract.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0511011023-abstrak.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0511011023-kesimpulan.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0511011023-pendahuluan.pdf

Download (166Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PT Adira Dinamika Multi Finance adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan konsumen dimana dalam proses kinerjanya Adira mempunyai motto “Adira Top“ yang nantinya setiap karnyawan dapat bekerja secara professional sehingga konsumen akan merasa puas dan selalu ada dibenak konsumen. Masalah yang dihadapi oleh Adira adalah perusahaan belum sepenuhnya mengetahui kepuasan konsumen dari Bandar Lampung terhadap kualitas pelayanannya. Oleh karena itu, permasalahan yang dianalisis dalam penulisan ini adalah Apakah lima dimensi kualitas layanan jasa berpengaruh terhadap kepuasan konsumen PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk Bandar Lampung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Bandar Lampung. Pada penelitian ini, variabel yang dianalisis adalah kualitas pelayanan yang meliputi lima dimensinya yaitu kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, bukti langsung. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling sehingga sampel yang ditentukan sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien regresi logistik diperoleh variabel empaty (P = 0.509)= (50%) lebih berpengaruh dari pada variable reability 0.318 (31.8%), responsiveness 0.295 (29.5%), assurance 0.323 (32.3%), dan tangibles 0.289 (28.9%) maka dapat disimpulkan bahwa variabel empaty lebih berpengaruh yaitu sebesar 50% terhadap kepuasan konsumen dibandingkan dengan variabel reability, responsiveness, assurance dan tangibles. Pengujian hipotesis dengan uji wald, kelima variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen “Adira” yaitu reability signifikan pada probabilitas 0.056 < 0.05, responsiveness signifikan pada probabilitas 0.035 <0.05, assurance signifikan pada probabilitas 0.054 < 0.05, empaty signifikan pada probabilitas 0.004 < 0.05 dan tangible signifikan pada probabilitas 0.045 < 0.05 . Nilai Hosmer and Lemeshow Tes pada model ini sebesar 0.920 > 0,05 maka model regresi layak digunakan. Nilai Nagelkerke R2 = 0.590. Artinya, bahwa variabel-variabel lima dimensi jasa yaitu reability, responsiveness, assurance, empaty, tangible mempengaruhi kepuasan konsumen (Y) sebesar 59% sedangkan sisanya sisanya 41% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari kelima variabel tersebut. Saran yang diberikan untuk PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE cabang Bandar Lampung berdasarkan penelitian ini adalah sebaiknya pihak Adira lebih meningkatkan lagi variabel kualitas pelayanan berdasarkan kuesioner variabel empaty yang lebih berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 18 Dec 2015 07:04
Terakhir diubah: 18 Dec 2015 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15888

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir