MARISA ULFA, 0813022012 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. COVER LUAR.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. MENYETUJUI.pdf Download (1052Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf Download (983Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTO.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (534Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf Download (214Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11.DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (491Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (479Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (348Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Mayoritas guru sains, berdasarkan penelitian pendahuluan di SMPN 2 dan SMPN 8 Bandar Lampung, belum melaksanakan penilaian afektif yang otentik. Hal tersebut ditunjukkan dengan preferensi negatif (unfavorable) pada setiap butir pernyataan angket yang menanyakan detail sistematika pengambilan penilaian afektif secara otentik. Ketimpangan yang terjadi antara tuntutan kurikulum dan realisasi di sekolah alasan dikembangkannya instrumen penilaian afektif yang valid, mengacu pada kompetensi inti satu (KI-1) mengenai sikap spiritual (nilai ketuhanan) dan kompetensi inti dua (KI-2) mengenai nilai sosial (kecintaan lingkungan) pada pembelajaran sains di SMP. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada Borg dan Gall, yaitu: penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan produk awal, uji coba awal (uji ahli oleh dosen dan uji kualitas oleh guru), revisi produk utama, uji lapangan utama, analisis hasil, revisi produk akhir, penafsiran, serta diseminasi dan implementasi produk. Produk akhir yang diperoleh berupa instrumen penilaian afektif yaitu penilaian diri, teman sejawat, dan observasi yang valid beserta rubriknya. Subjek uji coba dalam penelitian ini siswa kelas VII akselerasi dan VII.8 SMPN 2 Bandar Lampung. Hasil uji ahli mendapatkan kategori baik (skor 3,54) dan layak digunakan. Hasil uji kualitas instrumen mendapat skor 3,25 kategori baik. Hasil analisis validitas dan reliabilitas pada uji lapangan utama diukur dengan acuan nilai alpha cronbach > 0,70 menggunakan software R-Commander, didapatkan penilaian diri dan teman sejawat 0,92, sedangkan penilaian observasi 0,86 dengan Marisa Ulfa iii kualitas valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan instrumen penilaian afektif ini dapat digunakan sebagai acuan guru di sekolah. Kata kunci: instrumen penilaian afektif, ketuhanan, lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 9456971 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 08:10 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 08:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15911 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |