PENGARUH NH 4 ABSTRAK Cl TERHADAP LAJU RESPIRASI DAN AKTIVITAS ENZIM DEHIDROGENASE PADA BUAH PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L.) SELAMA PROSES PEMATANGAN

0417021007, Fitriyani (2015) PENGARUH NH 4 ABSTRAK Cl TERHADAP LAJU RESPIRASI DAN AKTIVITAS ENZIM DEHIDROGENASE PADA BUAH PISANG KEPOK (Musa paradisiaca L.) SELAMA PROSES PEMATANGAN. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
0417021007-Abstrak.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0417021007-kesimpulan.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0417021007-pendahuluan.pdf

Download (66Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan gizi yang sangat baik dan energi yang relatif tinggi dibanding buah-buahan lain. Buah pisang kepok tergolong buah klimakterik dimana proses pematangannya diikuti dengan laju respirasi yang tinggi. Amonium merupakan prekursor bagi sintesis beberapa asam amino seperti glutamat dan glutamin. Pemberian amonium klorida pada buah pisang kepok diduga akan meningkatkan sintesis protein dan sintesis enzim. Peningkatan sintesis protein dan enzim ini diduga akan mendorong laju respirasi dan aktivitas enzim dehidrogenase, sehingga mempercepat proses pematangan buah pisang kepok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu pengukuran dan NH Cl terhadap laju respirasi dan aktivitas enzim dehidrogenase buah pisang kepok, mengetahui interaksi antara waktu pengukuran dan NH 4 Cl terhadap laju respirasi dan aktivitas enzim dehidrogenase buah pisang kepok, dan mengetahui 4 korelasi antara laju respirasi dan aktivitas enzim dehidrogenase buah pisang kepok selama proses pematangan. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Jurusan Biologi FMIPA pada bulan Februari-Maret 2011. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan yaitu rancangan acak lengkap (RAL) dengan pola faktorial 2 x 2 yang terdiri dari dua faktor. Faktor A adalah waktu pengukuran yaitu 4 hari setelah perendaman dan 8 hari setelah perendaman dan faktor B adalah perendaman buah pisang kepok dalam larutan NH Cl. Setiap perlakuan diulang 8 kali. Parameter adalah laju respirasi dan aktivitas enzim dehidrogenase. Data di analisis ragam pada taraf nyata 5% dan diuji lanjut dengan 4 uji F pada taraf 5%. Hubungan antara laju respirasi dan aktivitas enzim dehidrogenase ditentukan berdasarkan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian NH Cl meningkatkan laju respirasi, tetapi waktu pengukuran dan aktivitas enzim dehidrogenase tidak berpengaruh pada buah pisang kepok. Korelasi antara laju respirasi dan aktivitas enzim dehidrogenase bersifat kuadratik.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:37
Terakhir diubah: 21 Dec 2015 03:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15955

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir