Helmi , Emmi Desniati (2013) STUDI KEKUATAN PAVING BLOCK PASCA PEMBAKARAN MENGGUNAKAN MATERIAL TANAH LEMPUNG DAN SEMEN SERTA ABU SEKAM PADI UNTUK JALAN LINGKUNGAN. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf - Published Version Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR NOTASI.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (356Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (349Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (298Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (5Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Seiring dengan kemajuan perkembangan zaman maka berbanding lurus dengan pembangunan sarana dan prasarana umum salah satunya yaitu transportasi darat khusunya perkerasan jalan. Salah satu dari sarana transportasi yang sudah lazim digunakan dalam perkerasan jalan yaitu paving block. Paving block terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolisis sejenis, air, dan agregat dengan atau tanpa bahan lainnya. Akan tetapi, penggunaan material tersebut membuat harga produksi menjadi mahal. Untuk itu, pada penelitian ini proses pembuatan paving block akan dicoba menggunakan bahan alternatif berupa campuran tanah dengan bahan additive abu sekam padi yang berasal dari limbah pembakaran batang padi yang dikombinasikan dengan semen portland. Sampel tanah yang diuji pada penelitian ini yaitu tanah lempung yang berasal dari daerah Karang Anyar, Lampung Selatan. Variasi kadar campuran yang digunakan adalah 6%, 8%, dan 10%, perbandingan antara abu sekam padi dan semen yaitu 1 : 1 dengan waktu pemeraman 7 hari serta dengan perlakuan pembakaran dan tanpa pembakaran sampel paving block. Berdasarkan hasil pengujian fisik tanah asli, USCS mengklasifikasikan sampel tanah sebagai tanah berbutir halus dan termasuk ke dalam kelompok CL. Hasil penelitian menujukkan bahwa pembuatan paving block menggunakan material tanah dengan bahan additive abu sekam padi dan semen tidak memenuhi SNI paving block. Akan tetapi, secara umum penambahan bahan additive tersebut dapat meningkatkan sifat fisik dan mekanik tanah. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai kadar air optimum dan berat jenis campuran. Untuk nilai kuat tekan paving block tanpa pembakaran dan dengan proses pembakaran paling baik ditunjukkan pada penambahan kadar campuran 10%. Kata Kunci : Paving block, tanah lempung, kuat tekan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > QE Geology > Mesin (General). Mesin Sipil (General) > Mesin (General). Mesin Sipil (General) Mesin (General). Mesin Sipil (General) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 08 Jan 2014 05:56 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2014 05:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/160 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |